brasil WCRio de Janeiro, Liputan Islam.com, –Piala Dunia Brasil memang belum dimulai. Masih ada sekitar dua minggu lagi menjelang kick-off perhelatan olahraga paling ditunggu warga dunia itu. Tapi, belum juga belum, sudah beredar berbagai prediksi, yang sebagiannya diklaim sebagai prediksi ilmiah dengan memperhitungkan berbagai faktor data dan fakta.

Goldman Sachs, sebuah bank investasi dari Amerika Serikat, kembali menyampaikan prediksinya. Dalam beberapa perhelatan Piala Dunia terakhir, Goldman memang sangat rajin meramal. Siapakah negara yang diramalkan Goldman akan menggapai puncak prestasi?

Sebenarnya ramalan Goldman tidak jauh berbeda dengan prediksi yang banyak beredar dan dilontarkan para pengamat. Ada empat negara yang kemungkinan akan maju sampai ke babak empat besar alias semifinal: raksasa Eropa Jerman, juara bertahan Spanyol, Argentina, dan tuan rumah Brasil. Dua negara terakhir akan maju ke partai puncak. Di final, Brasil akan menghempaskan Argentina dengan skor 3-1.

Goldman menyebut bahwa Brasil, sang tuan rumah, merupakan tim dengan persentase kemungkinan paling besar untuk menjuarai turnamen empat tahunan itu dengan kans 48,5%. Argentina ada di posisi dua dengan 14,1%, diikuti Jerman (11,4%).

Prediksi tersebut didasarkan kepada sebuah model statistik yang menganalisis sekitar 14 ribu partai-partai kompetitif internasional sedari tahun 1960.

“Tentu saja tak mengejutkan kalau tim tersukses di sejarah sepakbola difavoritkan untuk menjuarai Piala Dunia di negerinya sendiri,” sebut Kepala Ekonom Jan Hatzius, Sven Jari Stehn dan Donnie Millar, dalam laporan Goldman tersebut.

“Tetapi besarnya keunggulan Brasil dalam model kami tetap saja mengejutkan,” lanjut keterangan yang dikutip Reuters itu.

Tim Samba sendiri diprediksi lolos ke babak itu usai menyisihkan Belanda (di babak perdelapan final), Uruguay (di babak perempat final), dan Jerman (di babak semifinal), sedangkan Tim Tango akan menyingkirkan Ekuador (perdelapan final), Portugal (perempat final), dan Spanyol (semi final).

Perlu segera ditambahkan bahwa model Goldman ini ternyata terbukti tidak tepat 100%. Dalam model yang mereka gunakan di Piala Dunia 2010, Goldman saat itu memprediksi Brasil, dengan kans 26,6%, akan jadi juara di Afrika Selatan. Faktanya Brasil kandas di perempatfinal.

Sebagaimana yang kita ketahui, Spanyol-lah saat itu tampil sebagai juara. Padahal, dalam model Goldman, Spanyol ada di tempat kedua dengan persentase 15,7%. Spanyol merebut gelar juara dunia pertamanya dengan mengalahkan Belanda di babak final dengan skor 1-0.

Spanyol Rasakan Tekanan

Spanyol sendiri yang saat ini datang ke Piala Dunia 2014 dengan status sebagai juara bertahan mulai merasakan adanya tekanan untuk mempertahankan gelarnya. Dengan status sebagai juara bertahan, Iniesta, gelandang lincah Spanyol, menilai bahwa negaranya punya tekanan tambahan.

“Kami mendapat tanggung jawab ekstra kali ini. Kami adalah juara bertahan. Kami akan pergi ke Brasil dengan harapan memainkan peran penting,” ucap Iniesta seperti dikutip AS.

“Kami punya tim yang hebat untuk bisa melakukannya dan seperti sebelumnya, kami akan melakukannya selangkah demi selangkah,” lanjut gelandang Barcelona itu.

Senada dengan Iniesta, Fernando Torres juga tak menampik jika Spanyol akan menghadapi tekanan berbeda dengan status sebagai juara bertahan. Namun hal itu disebut Torres justru akan menambah motivasi timnya.

“Kami menghadapi kesempatan yang luar biasa. Tahun lalu di Piala Konfederasi tampak jelas sulitnya turnamen itu untuk kami,” ujar Torres menyinggung kegagalan timnya merengkuh Piala Konfederasi tahun 2013 lalu.

“Kami tahu apa yang diharapkan. Tapi itu hanya menjadi pendorong tambahan bagi kami untuk mencoba terus membuat sejarah. Sesuatu seperti ini tak terpikirkan beberapa tahun lalu. Itulah mengapa kami harus menikmatinya,” katanya.

Spanyol tergabung di Grup B bersama dengan Belanda, Chile, dan Australia. Tim arahan Vicente del Bosque itu akan menjalani laga pembuka melawan Belanda pada 13 Juni mendatang. (by/dari berbagai sumber)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL