riSilverstone, LiputanIslam.com – Rio Haryanto lagi-lagi tak berhasil menyentuh garis finis di balapan GP Inggris setelah mobilnya keluar lintasan. Meski hasil balapan mengecewakan, Rio berusaha untuk melihat sisi positif dari jalannya akhir pekan ini.

Dari 52 lap dalam balapan di Sirkuit Silverstone, Minggu (10/7/2016), Rio hanya mampu menyelesaikan 24 putaran. Pebalap berusia 23 tahun itu melintir di tikungan Abbey dan meluncur ke gravel. Dia tak bisa kembali ke trek setelah insiden tersebut.

Kondisi lintasan yang berubah-ubah akibat hujan menyulitkan para pebalap. Lomba dimulai dalam kondisi trek masih basah, tapi kemudian mengering. Lewis Hamilton, Sebastian Vettel, dan Max Verstappen juga sempat tergelincir meski akhirnya bisa finis. Rekan setim Rio di Manor Racing, Pascal Wehrlein, bahkan harus out di lap-lap awal.

“Di awal, trek sangat basah. Tapi, ketika hujan berhenti trek mulai mengering di setiap lap berikutnya. Dalam jangka hanya 17 lap, dari ban basah kami berpindah ke ban kering. Itu adalah keputusan yang tepat saat itu. Saya hanya menyentuh sedikit bagian trek yang masih basah dan tidak ada yang bisa saya lakukan,” ujar Rio.

Menurut Rio, dirinya sebenarnya sudah mendapatkan hasil yang cukup oke dalam sesi latihan bebas ketiga dan kualifikasi, terutama dengan mengalahkan Wehrlein. Dia pun mengharapkan hasil yang lebih memuaskan dalam balapan selanjutnya.

“Meski hasil lomba yang dihitung pada akhirnya, perjalanan melewati babak latihan dan kualifikasi juga penting. Kami memiliki akhir pekan yang baik dan khususnya hari Sabtu yang sangat positif, jadi kami harus fokus pada hal-hal yang sudah berjalan dengan baik dan bagaimana menggunakan itu semua untuk maju ke depan di balapan berikutnya. Sekarang, kami tidak bisa banyak berbuat banyak dengan hasil hari ini,” tutur Rio.

Dari sepuluh seri yang telah dilalui Rio di Formula 1 musim ini, ini adalah kali ketiga Rio tak menyentuh garis finis. Seri berikutnya akan dilangsungkan di Hongaria, 24 Juli mendatang. (ra/detik.com)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL