Selebrasi Pemain Filipina/AFP

Selebrasi Pemain Filipina/AFP

LiputanIslam.com – Berbeda dengan prediksi sebelumnya dimana Indonesia memiliki rekor tidak terkalahkan dalam pertemuan dengan Filipina sebanyak 23 laga. Namun, sore hari (25/11) di My Dinh Stadium, Filipina mencatat rekor baru dengan membungkam Indonesia dengan skor telak 4-0.

Kekalahan tersebut merupakan rekor buruk bagi Indonesia setelah ditahan imbang pada pertandingan sebelumnya. Dengan demikian peluang Indonesia pada babak penyisihan hampir dipastikan pupus seperti dilansir dari bola.net.

Indonesia dengan modal tak terkalahkan dari Filipina mencoba menguasai lapangan hijau sejak 10 menit pertama. Namun bencana datang ketika kapten Firman Utina dengan terpaksa harus menjatuhkan Bahadoran di kotak penalti. Tanpa ampun, wasit akhirnya menunjuk titik putih dan berhasil dimanfaatkan oleh eksekusi tendangan penalti James Younghusband.

Meskipun Samsul Arif dan kawan kawan sempat mengancam gawang lawan, namun perlawanan Indonesia harus berakhir pada akhir babak pertama.

Memasuki paruh kedua, Alfred Reidl menurunkan pemain kharismatis bertalenta dari tanah Papua, Boaz SAlossa yang menggantikan pemain sayap M.Ridwan.

Sayang, justru Indonesia harus menerima pil pahit gol kedua dari tim lawan sepakan Manuel Ott dari luar kotak penalti yang sulit dijangkau oleh kiper Kurnia Meiga.

Tak ingin dipermalukan, Alfred Reidl akhirnya menurunakn Cristian Gonzales menggantikan Zulham Zamrun pada menit ke-65.

Kekuatan Indonesia pada babak kedua mau tidak mau harus dititik beratkan untuk sepenuhnya menyerang dengan menurunkan empat striker sekaligus. Sungguh sangat disayangkan daya gedor Indonesia justru rontok setelah Martin Steuble mencetak gol kembali pada gawang Kurnia Meiga pada menit ke-68.

Permainan Timnas praktis sulit berkembang setelah Rizky Ripora pada menit ke-73 harus menerima kartu merah setelah menjatuhkan Phil Younghusband. Akhirnya karena unggul pemain, Filipina kembali mampu memperbesar kemenangan menjadi 4-0 melalui sontekan Gier melalui kemelut di mulut gawang.

Kedudukan Filipina tak berubah setelah wasit meniup peluit panjang saat berakhirnya babak kedua. Filipina akhirnya mendapatkan kemenangan sekaligus rekor perdana menundukkan Indonesia. (fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL