jermanRio de Janeiro, LiputanIslam.com, –Dua raksasa Eropa, Jerman dan Prancis berhasil mengalahkan masing-masing lawannya yang berasal dari Afrika, yaitu Aljazair dan Nigeria, dalam babak perdelapan final Piala Dunia 2014. Prancis menghentikan perlawanan Nigeria 2-0, sedangkan Jerman menghentikan perlawanan Aljazir 2-1.

Bertanding di di Estadio Beira-Rio, Senin atau Selasa (1/7/2014) dini hari WIB, Jerman harus menyudahi pertandingan lewat babak extra time, karena selama waktu normal, tim Aljazair memberikan perlawanan sangat ketat hingga tak ada gol yang tercipta di babak tersebut.

Sebagaimana dilaporkan Kompas, Jerman sebenarnya sudah mencoba mengambil alih permainan sejak menit-menit awal. Akan tetapi, melalui serangan balik cepat, Aljazair juga mampu merepotkan barisan pertahanan skuad Der Panzer pada paruh pertama ini.

Bahkan, pada menit ke-17, Aljazair sebenarnya mampu menceploskan bola ke gawang Jerman. Namun, gol sundulan kepala Faouzi Ghoulam dianulir wasit karena dia lebih dulu berada di posisi off-side.

Dua menit berselang, Aljazair kembali mendapatkan kesempatan emas. Akan tetapi, lagi-lagi upaya mereka belum membuahkan hasil karena bola tendangan keras Ghoulam dari dalam kotak penalti masih menyamping tipis di sisi kiri gawang Jerman.

Pada menit ke-34, Jerman mendapatkan kesempatan pertamanya melalui Thomas Mueller. Sayang, bola sundulan kepala Mueller seusai menerima umpan Bastian Schweinsteiger masih melebar ke sisi kanan gawang Aljazair.

Di babak kedua, Jerman kembali menekan Aljazair untuk mencetak gol. Namun, lagi-lagi penyelamatan gemilang M’Bolhi mampu membuat para pemain Jerman frustrasi. Beberapa kali M’Bolhi mampu menggagalkan serangan Jerman. Sampai babak kedua selesai, skor masih tetap sama imbang 0-0.

Pada babak tambahan, Schuerrle akhirnya sukses memecah kebuntuan Jerman. Memanfaatkan umpan silang Mueller, gelandang Chelsea itu melepaskan tendangan untuk membawa Jerman unggul 1-0.

Tertinggal, Aljazair mencoba membalas. Namun, Jerman mampu kembali menambah keunggulan melalui kreasi Mesut Oezil pada menit ke-119.

Satu menit berselang, Aljazair akhirnya mampu memperkecil kedudukan setelah Djabou mampu mencatatkan namanya di papan skor. Namun, gol itu tidak mampu menyelamatkan Aljazair karena skor 2-1 untuk Jerman tetap bertahan hingga laga usai.

Dengan kemenangan ini, Jerman akan menghadapi Prancis di perempat final. Sebelumnya, Prancis menghempaskan Nigeria 2-0.

Prancis-Nigeria: 2-0

prancisDi pertendingan perdelapan final lainnya, Prancis berhasil mengalahkan Nigeria 2-0 lewat torehan Paul Pogba dan gol bunuh diri Joseph Yobo.

Berlaga di Estadio Nacional, Senin (30/6/2014) malam WIB, kedua tim bermain ketat hampir di sepanjang laga. Gol-gol pun baru tercipta di penghujung pertandingan.

Paul Pogba membawa Les Bleus unggul di menit ke-79. Selepas membuka skor, Prancis mempertahankan intensitas dan tekanannya hingga memaksa kapten Nigeria Joseph Yobo melakukan kesalahan dan mencetak gol bunuh diri di masa injury time.

Berkat kemenangan ini, Prancis pun melangkah ke perempatfinal. Tim asuhan Didier Deschamps selanjutnya akan menghadapi pemenang Jerman yang mengalahkan Aljaair 2-1.

Dengan hasil-hasil ini, sudah ada enam tim yang menjejakkan kaki di babak delapan besar, yaitu Brasil, Kolombia, Belanda, Kosta Rika, Jerman, dan Prancis. Dua tempat tersisa diperbutkan oleh empat negara. Malam ini WIB, Argentina akan menghadapi Swiss, dan Belgia akan berduel dengan Amerika Serikat. (by)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL