pd rusiaJakarta, LiputanIslam.com –Malam ini Badan Sepakbola Dunia FIFA secara resmi akan menggelar undian babak kualifikasi Piala Dunia Rusia 2018. Drawing ini nantinya akan meloloskan 31 negara ke Rusia tiga tahun lagi. Ditambah Rusia sebagai tuan rumah yang otomatis lolos, jumlah keseluruhan tim yang akan menjadi kontestan putaran final Piala Dunia akan menjadi 32 tim.

Masing-masing konfederasi akan mendapat jatah berbeda dan menggunakan format kompetisi yang berbeda juga. Konfederasi Sepakbola Eropa (UEFA) akan mendapatkan jatah terbanyak, yaitu 13 tim. Afrika (CAF) mendapat lima, CONCACAF (Amerika Utara) akan meloloskan tiga atau empat negara, CONMEBOL (Amerika Latin) bisa mengirim empat atau lima tim, AFC (Konfederasi Asia) juga bisa meloloskan empat atau lima tim, sedangkan konfederasi Oceania bisa mengirim satu tim, atau bisa juga tidak mengirim wakil sama sekali.

Jumlah pasti dari masing-masing konfederasi akan ditentukan dalam playoff interkontinental, yang terdiri dari dua leg dan bakal digelar di akhir babak kualifikasi.

Dalam acara malam ini, tidak ada undian untuk Asia (AFC), karena acara undian sudah dilakukan sebelumnya, bahkan kualifikasi di Asia sudah memasuki babak kedua. Total ada 46 negara berpartisipasi, di mana 12 tim dengan ranking paling rendah bertarung di babak pertama dengan sistem knock out home-away.

Enam tim pemenang akan bergabung dengan 34 tim lainnya pada babak kedua, di mana mereka akan dibagi dalam delapan grup (Grup A hingga Grup H) yang terdiri dari lima tim. Grup F saat ini hanya diisi empat negara karena Indonesia didiskualifikasi. Indonesia dicoret dari keikutsertaan babak pra-kualifikasi menyusul pembekuan PSSI oleh FIFA.

Delapan juara grup dan empat runner up terbaik akan melaju ke babak ketiga. Di babak ketiga akan terdapat dua grup yang terdiri dari enam tim.

Dua tim teratas di masing-masing grup akan lolos langsung ke Piala Dunia. Sementara penghuni posisi ketiga masing-masing grup akan saling berhadapan, pemenangnya akan bertarung di playoff intercontinental. (farid)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL