Vallentino Rossi/Reuters

Vallentino Rossi/Reuters

Belanda, LiputanIslam.com – Valentino Rossi mengencangkan cengkramannya pada posisi pemuncak klasemen kejuaraan dunia pada Sabtu, dengan memenangi pertarungan melawan Marc Marquez untuk menjadi pemenang di MotoGP Belanda di Assen.

Pebalap Italia itu, yang mengendarai sepeda motor Yamahanya, memulai balap dari posisi start terdepan dan unggul hampir sepanjang jalannya balap, meski juara bertahan Marquez sempat menyalipnya saat balap tinggal menyisakan tujuh putaran, seperti diberitakan ANTARA.

Rossi dengan cepat merebut kembali posisi terdepan dan kemudian mengungguli upaya keras dari pebalap Spanyol yang menunggangi Honda itu di tikungan terakhir, untuk memastikan kemenangan ketiganya musim dan kemenangan ke-111 sepanjang karirnya yang gemilang.

Jorge Lorenzo, rival utama Rossi di kejuaraan dunia, menempati peringkat ketiga dengan sepeda motor Yamahanya.

Bagi Rossi, ini merupakan kemenangan ketujuhnya di kelas MotoGP di trek Assen yang terkenal, satu kemenangan lebih banyak daripada koleksi enam kemenangan yang dicatatkan oleh pebalap legendaris Italia Giacomo Agostini.

Ia sekarang telah meraih sembilan kemenangan di semua kategori di satu-satunya sirkuit yang menghelat kejuaraan dunia setiap tahunnya sejak dibuka pada 1949.

Saat ia mengejar gelar kejuaraan dunia pertama sejak 2009, Rossi memperbesar keunggulannya atas rival terdekat Jorge Lorenzo menjadi sepuluh angka.

Namun kemenangan Rossi di GP Assen ini diwarnai dengan sebuah kontroversi. Rossi ketika akan disalip oleh Marc Marquez justru masuk ke grevel atau sisi lintasan balapan yang malah menguntungkan bagi Rossi. Pasalnya tanpa meliuk di tikungan Rossi memperpendek jaraknya dengan garis finish. Marquez pun sempat menyindir bahwa Rossi mengajarkannya balapan motocross di lintasan.

Atas insiden tersebut Rossi menampiknya. Ia terpaksa melewati gravel karena menghindari benturan dengan Marquez yang sudah berada di belakang motornya dengan tipis. Tak mau kembali terjatuh Rossi akhirnya memutuskan untuk mengambil resiko memasuki gravel meskipun motornya sempat limbung. Beruntung Rossi bisa mengendalikan motornya dan memenangi GP Assen dengan baik. (fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL