hendrahsanRio de Janeiro, LiputanIslam.com– Ganda putra Indonesia, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, gagal melangkah ke perempatfinal setelah kalah dari pasangan China, Chai Biao/Hong Wei, dalam dua gim 15 -21 dan 17-21. Kegagalan ini disebut Satlak Prima sangat di luar dugaan karena pasangan tersebut ditargetkan meraih emas.

Pada pertandingan babak penyisihan Grup D ganda putra di Riocentro-Pavilion 4, Rio de Jeneiro, Sabtu (13/8/2014) malam, Hendra/Ahsan tak tampil dengan permainan terbaik mereka saat menghadapi Chai/Hong.

Di gim pertama, Chai/Hong bermain dengan rapi dan nyaris tak membuat kesalahan. Sebaliknya, Hendra/Ahsan kesulitan menembus pertahanan pasangan nomor lima dunia tersebut. Kualitas serangan Hendra/Ahsan tak setajam biasanya, justru serangan Chai/Hong yang kerap membuahkan angka.

Begitupun di gim kedua, pasangan nomor dua dunia ini juga tak mampu menghadang lawan dengan baik hingga akhirnya pertandingan berujung pada sebuah kekalahan.

Direktur Performa Tinggi (HPD) Perlombaan Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima), Mimi Irawan, mengatakan, ia tak menyangka dengan hasil yang diperoleh Hendra/Ahsan. Terlebih keduanya adalah salah satu tumpuan Indonesia untuk merebut kembali medali emas.

“Ini kegagalan yang tidak terduga karena Hendra/Ahsan memiliki peringkat lebih tinggi dari lawannya. Hendra/Ahsan bermain dalam tekanan lawan dan sering membuat kesalahan. Kemungkinan mereka masih terbebani dengan kekalahan sebelumnya,” ujar Mimi.

Sebelum menghadapi pasangan China, Hendra/Ahsan sempat melewati pertandingan pertama dengan baik. Hendra/Ahsan mengalahkan Manu Attri/Reddy B. Sumeeth (India) dua gim langsung, 21-18 dan 21-13.

Namun, saat menghadapi pasangan Jepang, Hiroyuki Endo/Kenichi Hayakawa, mereka akhirnya takluk setelah melewati gim ketat dengan skor 17-21, 21-16 dan 14-21.

Dengan kekalahan itu, Hendra/Ahsan total hanya meraih satu kemenangan dalam tiga pertandingan babak penyisihan.

“Kita sudah kehilangan satu medali emas dari cabang bulutangkis. Sebab, Hendra/Ahsan itu memang ditargetkan meraih emas,” pungkas Mimi. (ra/detik)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL