ranking-okZurich, LiputanIslam.com –Ranking Indonesia berdasarkan sistem pemeringkatan yang diberlakukan Federeasi Sepakbola Internasional (FIFA) kembali melorot di bulan ini. Release terbaru daftar peringkat pada situs FIFA Kamis (9/4/2015), menunjukkan bahwa Indonesia berada pada peringkat 159 dunia, atau turun tiga peringkat dibandingkan bulan lalu. Dengan posisi ini, Indonesia kini bahkan disalip oleh Timor Leste yang mampu menembus peringkat 151 dunia.

Penurunan prestasi Indonesia ini tak lepas dari prestasi sepakbola nasional yang jalan di tempat. Jika dibiarkan terus seperti ini, Indonesia dipastikan akan memecahkan rekor peringkat terendahnya di FIFA. Pada tahun 2013 lalu, peringkat Indonesia menyentuh angka 161, dan itulah peringkat terendah dalam sejarah sejak FIFA memberlakukan sistem pemeringkatan mulai tahun 1993.

Adapun peringkat tertinggi Indonesia dialami pada tahun 1998, di mana “Pasukan Garuda” pernah “nangkring” di posisi 76. Akan tetapi, sejak saat itu, peringkat Indonesia terus-terusan melorot. Bahkan, sejak tahun 2005, Indonesia terlempar dari urutan 100 besar dunia.

Situasi seperti sekarang ini tentu sangat memprihatinkan. Para pengajat sepakbola sepakat bahwa biang kerok semua masalah ini ada pada sistem pembinaan dan model kompetisi klub sebagai basis penyuplai pemain timnas. Akan tetapi, pemahaman mengenai sebab utama buruknya sepakbola nasional itu hanyalah tinggal pemahaman. PSSI sebagai badan tertinggi sepakbola nasional seperti terjebak pada kompleksitas masalah.

Jerman Masih Tertinggi, Iran Jagoan Asia

Dalam daftar terbaru yang dirilis FIFA, dua posisi teratas berturut-turut masih dipegang oleh Jerman dan Argentina. Kejutan ditunjukkan oleh Belgia yang naik satu tingkat ke peringkat ketiga menggeser Kolombia. Belgia naik berkat dua kemenangan yang dibukukan di kualifikasi Piala Eropa 2016 bulan Maret lalu. The Red Devils berturut-turut mengalahkan Siprus dengan skor 5-0 dan Israel dengan skor 1-0.

Brasil naik ke peringkat kelima dan menggeser Belanda yang harus turun satu tingkat. Sementara Spanyol kembali masuk ke 10 besar dengan naik satu tempat ke urutan ke-10. Prancis dan Italia keluar dari 10 besar dengan berada di peringkat ke-11 dan 13.

Di Asia, Iran masih perkasa sebagai jagoan Asia di atas Jepang, Kores Selatan, dan juara Piala Asia Australia. Dalam daftar FIFA, Tim Melli berada di peringkat 40 dunia. Sedangkan Jepang, Korea Selatan, dan Australia masing-masing berada di peringkat 50. 57, dan 63. (farid)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL