ridwan-kamil-bobotohPalembang, LiputanIslam.com–Kerinduan warga Bandung untuk meraih gelar juara Indonesia Super League (ISL), membuat dukungan yang diberikan kepada tim Persib cukup all out. Pertandingan semifinal Persib melawan Arema, Selasa (4/11) dihadiri langsung oleh Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil (Kang Emil). Demi mengajak suporter Persib agar tertib, Kang Emil bahkan membuka bajunya di depan umum. Hasilnya, selain pertandingan berjalan lancar tanpa ada konflik antar suporter, Persib pun menang dan lolos ke final.

PT Liga Indonesia melarang bobotoh (sebutan untuk pendukung Persib) untuk menonton pertandingan Persib di luar kota. Namun kalau tetap ingin menonton langsung, para bobotoh dilarang mengenakan atribut apapun yang berhubungan dengan Persib. Karenanya, ribuan bobotoh pun akhirnya membuka baju mereka. Kang Emil pun ikut buka baju. Melalui akun twitternya, Emil menjelaskan aksinya itu.

“Saat atribut gak boleh, bobotoh tadi rata2 tdk punya baju ganti kecuali topless. ketika memanas saya coba menenangkan dengan solider kepada mereka. Itu saja,” kicaunya.

“Jadi #buligirday tadi di Jakabaring tuh bukan iseng gaya2an, tapi keterpaksaan yang mempersatukan,” tambahnya.

Hadiah Umroh

Dukungan pun diberikan oleh Manajer Persib, Umuh Muchtar, yang menjanjikan akan memberikan hadiah umroh bagi para pemain Persib bila menang.

“Saya sujud syukur, saya minta ampunan kepada Allah. Kemarin pun, saya terus berdoa. Ini perjuangan anak-anak yang begitu hebat, begitu menggebu-gebu. Ini kesempatan kita untuk kembali juara,” kata Umuh, seperti dikutip inilahkoran.com (5/11/2014).

Terakhir, Persib menyandang gelar juara di final kompetisi ISL musim 1994-1995. Kala itu, tim kebanggaan bobotoh ini sukses mengandaskan Pertokimia tipis 1-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) yang masih bernama Stadion Senayan.

Setelah 19 tahun puasa gelar, kini Persib berpeluang kembali untuk menyandang gelar juara. Persib telah mencapai babak final dan akan menghadapi Persipura Jayapura yang lebih dulu lolos setelah menaklukkan Pelita Bandung Raya 2-0 di partai pembuka semifinal.

Dalam pertandingan semifinal di Stadion Gelora Sriwijaya Palembang, Persib berhasil menang 3-1 melalui babak perpanjangan waktu. Kemenangan Persib ditentukan oleh gol Vladimir Vijovic pada menit ke-83, Atep (92), dan Makan Konate (112). Sementara itu, gol semata wayang Arema dicetak Beto (46).

Partai final akan digelar di Stadion Gelora Sriwijaya, Jakabaring, Palembang, Jumat (7/11/2014).  (fa)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL