cilicNew York, LiputanIslam.com –Upaya petenis Jepang Ken Nishikori untuk menjadi tunggal putera pertama yang memenangi turnamen Grand Slam kandas di tangan petenis asal Kroasia Marin Cilic. Dalam pertandingan partai final turnamen Amerika Serikat Terbuka yang digelar Selasa pagi (9/9/2014) WIB, Nishikori menyerah straight set dengan skor 3-6, 3-6, dan 3-6.

Sebagaimana dilansir bleacherreport.com, partai final ini menghadirkan suasana yang tidak biasa, karena kedua pemain yang bertanding di laga puncak bukanlah pemilik peringkat atas dunia. Nishikori adalah unggulan ke-10, sedangkan sang jawara, Cilic, berada di unggulan ke-14.

Kemenangan straigh di partai final ini juga tercatat sebagai yang tertama dalam enam tahun terakhir. Kali terakhir kejadian ini berlangsung pada tahun 2008, saat Roger Federer mengkandaskan Andy Murray. Durasi game juga termasuk yang sangat cepat selesai. Cilic menyudahi perlawanan Nishikori hanya dalam waktu 1 jam 53 menit.

Bagi Cilic, prestasi ini adalah lompatan besar dalam karirnya sebagai petenis profesional. Inilah kali pertama baginya menembus partai final sebuah turnamen Grand Slam dan sekaligus merebut gelar juara.

Bagi Nishikori sendiri, kekalahan ini tetap harus diratapi, meskipun hal ini tidak sampai menutupi keberhasilannya dalam mencetak sejarah sebagai petenis tunggal putera pertama Asia yang bisa menembus partai final Grand Slam.

Sebelumnya, memang pernah ada pemain tunggal putera keturunan Asia yang namanya mendunia. Sebut saja Michael Chang yang keturunan Tiongkok (dan secara kebetulan saat ini menjadi pelatih Nishikori) dan Andre Agassi yang ayahnya adalah warga negara Iran. Akan tetapi, yang murni pemain dan warga salah satu negara Asia, baru Nishikori-lah orangnya.

Atau, orang boleh juga menyebut Li Na, petenis puteri Tiongkok yang berhasil menjuara Perancis Terbuka 2011 dan Australia Terbuka Januari tahun ini. Tapi, tetap saja, supremasi di sektor tunggal putera dianggap lebih bergengsi.

Jadi, langkah Nishikori tetaplah fenomenal. Apalagi, keberhasilannya ini diraih setelah menjungkalkan lawannya, unggulan pertama Novak Djokovic, lewat pertarungan empat set 6-4, 1-6, 7-6, dan 6-3.

Ini adalah pencapaian terbaik Nishikori di ajang Grand Slam. Sebelum ini, pencapaian terbaiknya adalah melaju sampai perempatfinal Australia Terbuka pada 2012. Sayang, langkah Nishikori hanya sampai di partai final, karena harus kalah dari lawannya, Cilic. (by)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL