the guardian

the guardian

London, LiputanIslam.com – Meskipun terbilang berasal dari negara maju, ternyata masih tak lepas dari tindakan oknum suporter tim Chelsea yang bersikap tidak terpuji. Tindakan rasialis tidak ada toleransi baik di dalam lapangan hijau maupun di luar lapangan hijau bagi dunia sepakbola. Beberapa pemain bintang lapangan hijau bahkan sempat menjadi korban tindakan oknum supporter yang tidak terpuji tersebut.

Sebut saja Dani Alves yang juga mengalami nasib serupa karena kerap kali menjadi korban tindakan rasis supporter di Spanyol. Pemain belakang ini seringkali menjadi sasaran pelecehan rasisme selama 12 tahun bermain di Spanyol untuk Sevilla dan Barcelona, seperti dikutip dari bbc.

Chelsea melalui situs resminya mengecam tindakan sejumlah suporternya yang bertindak rasialis jelang pertandingan leg pertama perdelapan final Liga Champions melawan Paris Saint-Germain, di Parc des Princes, Selasa (17/2/2015), seperti dilansir dari kompas.com.

Jelang pertandingan, sejumlah oknum suporter yang menaiki kereta bawah tanah, bertindak rasialis dengan mengusir penumpang berkulit hitam saat hendak memasuki kereta. Seperti terlihat dalam gambar seorang pria kulit hitam tengah dihentikan didepan pintu oleh salah satu oknum supporter Chelsea agar tidak ikut masuk kedalam kereta.

Suporter London Biru tampak senang dengan aksinya setelah mereka menyanyikan,”Kami rasis, kami rasis, dan kami senang seperti itu adanya.”

Chelsea mengaku kecewa dengan terjadinya insiden tersebut. Mereka pun menyatakan sikap mendukung kepada para pelaku dan siap memberikan hukuman larangan ke stadion.

“Tindakan seperti itu menjijikkan dan tidak memiliki tempat di sepak bola atau masyarakat. Kami akan mendukung setiap tindakan pidana terhadap mereka yang terlibat, dan harus bukti menunjuk ke keterlibatan pemegang tiket musiman Chelsea atau anggota klub akan mengambil tindakan yang mungkin terkuat terhadap mereka, termasuk perintah melarang (datang ke stadion), ” jelas Chelsea. (fie/kompas.com)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL