brasil WCRio de Janeiro, LiputanIslam.com –Para penggemar sepakbola dunia, termasuk rakyat Indonesia, tentu saat ini sedang menghitung hari sampai dimulainya perhelatan terbesar sepakbola dunia, yaitu Piala Dunia Brasil. Turnamen yang akan berlangsung 12 Juni – 13 Juli 2014 tersebut akan dilaksanakan di dua belas kota Brasil, yaitu Belo Horizonte, Brasilia, Cuiaba, Curitiba, Fortaleza, Manuas, Natal, Porto Alegre, Recife, Salvador, Sao Paulo, dan ibukota Rio de Janeiro.

Sebanyak 32 tim nasional dari semua benua dibagi menjadi delapan grup dan akan bersaing untuk meraih trofi Piala Dunia di Brasil. Dari 32 negara tersebut, tercatat enam negara dengan mayoritas Muslim atau populasi Muslim besar, yaitu timnas Aljazair, Kamerun, Pantai Gading, Nigeria, Iran dan Bosnia-Herzegovina. Dengan demikian, dipastikan akan ada sejumlah suporter Muslim yang datang ke Brasil. Ditambah dengan masyarakat yang negara-negara Muslim lainnya. Meskipun timnasnya tidak lolos ke putaran final, mereka tetap akan datang ke Brasil untuk memberikan dukungan kepada tim favoritnya.

Menyambut kedatangan para suporte Muslim tersebut, awal bulan ini, buku panduan khusus (buklet) telah diterbitkan di Brasil untuk para suporter Muslim. Buku tersebut berjudul “Salam Barazil”. Buklet 32-halaman itu diterbitkan oleh Uni Asosiasi Islam Brazil bekerjasama dengan kedutaan Oman di negara Amerika Selatan.

Menurut Kepala Uni Islam Brazil, Muhammad Hussein Al-Zuqbi, buku ini berisi panduan bagi suporter Muslim tentang alamat pusat Islam, tempat ibadah, restoran halal, dan pusat hiburan yang kegiatannya sesuai dengan syariah Islam.

Dia mengatakan, buku panduan itu juga berisi sejarah singkat kehadiran Islam di Brazil dan budaya Muslim Brazil.

Menurut Al-Zuqbi, salinan “Salam Brasil” telah diberikan kepada maskapai penerbangan di negara-negara Islam dan Arab untuk dibagikan kepada para penumpang Muslim yang bepergian ke Brasil.

Kuwait Cetak 250.000 Eksemplar Al-Quran

Sementara itu, masih berkenaan dengan penyelenggaraan Piala Dunia ini, Kementerian Wakaf Kuwait diberitakan telah mengumumkan rencana untuk mendistribusikan secara gratis 250.000 eksemplar Mushaf Al-Qur’an terjemahan dalam bahasa yang berbeda selama Piala Dunia FIFA 2014 di Brasil. Pembagian kitab suci umat Islam itu akan menjangkau berbagai orang dengan latar belakang budaya yang berbeda.

Menurut harian Kuwait, Al-Qabas, seperti dikutip onislam.net, Dewan Kementerian mengumumkan bahwa mereka telah mengadakan tender untuk pengadaan mushaf Al-Quran tersebut.

Dewan mengatakan, salinan Al-Quran itu akan dilengkapi terjemahan dalam empat bahasa –Spanyol, Portugis, Inggris, dan Perancis– dan akan didistribusikan di hotel-hotel, stadion, dan tempat umum. (by/dari berbagai sumber)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL