luizFortalez, LiputanIslam.com, —Tuan rumah Brasilmenyusul Jerman menjadi tim kedua yang menjejakkan kakinya ke babak semifinal Piala Dunia 2014. Pada laga yang dihelat di Estadio Castelao, Fortaleza, Sabtu (5/7/2014) dinihari WIB. A Selecao berhasil mengalahkan Kolombia dengan skor 2-1.

Dua gol Brasil dicetak oleh kedua center-back mereka yaitu Thiago Silva dan David Luiz. Sedangkan gol Kolombia dicetak bintang muda James Rodriguez lewat tendangan penalti.

Pertandingan berlangsung ketat dalam tempo yang cukup tinggi. Sebagaimana dilansir detik.com, peluang pertama jadi milik Brasil dimenit-menit awal. Sayangnya, tendangan bebas yang dieksekusi oleh Neymar masih melebar.

Pada menit ketujuh, Brasil mencetak gol pertama. Tendangan sudut yang dieksekusi Neymar disambut Thiago Silva yang berdiri di tiang jauh. Tak ada yang mengawal, ia dengan mudah mencocor si kulit bundar ke dalam gawang.

Kolombia nyaris menyamakan kedudukan empat menit kemudian. Sial buat mereka, sepakan Juan Cuadrado sedikit berubah arah setelah mengenai pemain Brasil dan kemudian melebar ke samping gawang.

Tim tuan rumah menekan lagi pada menit ke-20. Hulk yang menusuk ke kotak penalti melepaskan tembakan, tapi kiper David Ospina bisa mementahkannya. Oscar mencoba memanfaatkan bola rebound, namun tendangannya dari luar kotak penalti juga ditangkap Ospina.

Usaha Hulk pada menit ke-28 belum menghasilkan gol kedua untuk Brasil. Tembakannya diamankan oleh Ospina.

Kolombia yang tertinggal satu gol mencoba menyamakan skor setelah jeda. Kerja sama James Rodriguez dan Fredy Guarin pada menit ke-59 diakhiri tembakan voli oleh Guarin. Tapi, bola masih melambung.

Mario Yepes sempat menjebol gawang Brasil pada menit ke-66 dengan memanfaatkan sebuah kemelut di kotak penalti. Tapi, gol ini dianulir wasit karena lebih dahulu terjadi offside.

Dua menit kemudian, malah Brasil yang menggandakan keunggulannya menjadi 2-0. Tendangan bebas jarak jauh David Luiz melaju deras ke gawang Kolombia tanpa bisa dihentikan Ospina.

Pada menit ke-77, Kolombia mendapathadiah penalti setelah Julio Cesar melanggar Carlos Bacca di mulut gawang. Striker James Rodriguez mendapatkan kepercayaan untuk mengambil penalti ini. Dia menjalankan tugasnya dengan sempurna. Eksekusinya ke arah kiri mengecoh Cesar. Brasil 2, Kolombia 1.

Kedudukan ini tidak berubah sampai pertandingan usai. Dengan hasil ini, Brasil akan menghadapi Jerman di babak semifinal. Ini akanmenjadi partai ulangan final Piala Dunia 2002. (by)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL