belandaAmsterdam, LiputanIslam.com–Belanda menutup tahun 2014 ini dengan kemenangan 6-0 atas tamunya, Latvia dalam lanjutan kualifikasi Euro 2016 grup A. Padahal beberapa hari sebelumnya, Oranje harus mengakui keunggulan Meksiko di pertandingan uij coba.

Pemain yang bertanggung jawab meringankan kinerja Belanda kala itu adalah Robin van Persie. Berperan sebagai kapten, ia membuka sekaligus mengawali pesta gol Belanda di menit keenam.

Mengakui pihaknya mendapat tekanan dari berbagai arah dan sempat merasa lebih gugup dai biasanya, stiker Manchester United itu akhirnya bisa merasa lega.

“Ketika anda mengawali pertandingan seperti yang kami lakukan tadi dan menampilkan permainan yang baik, saya hanya bisa merasa puas.

“Kali ini kami unggul cepat, hal yang tak pernah terjadi di pertandingan grup A lainnya. Saat gol itu terjadi, permainan kami jadi lebih mudah. Tadi adalah pertandingan fantastis dan kami bisa memulai semuanya lagi dari sini.” jelas van Persie pada UEFA.com.

Pertandingan yang berlangsung di Amsterdam Arena, Senin (17/11/2014) dinihari WIB, Robin van Persie membuka pesta gol Belanda atas Latvia di menit ke-6. Arjen Robben menambah keunggulan tuan rumah di menit ke-35, sebelum Klaas-Jan Huntelaar membuat Oranje memasuki paruh waktu dengan keunggulan 3-0.

Di babak kedua, tepatnya menit ke-78, Jeffrey Bruma menambah keunggulan Belanda. Robben, yang tampil impresif sepanjang pertandingan, lalu mencetak gol keduanya di menit ke-82, sebelum Huntelaar menutup pesta gol Belanda dua menit menjelang berakhirnya waktu normal.

Hiddink Lega

Kemenangan Belanda ini membuat Guus Hiddink bisa sedikit bernapas lega. Pelatih asal Belanda ini berjanji akan langsung mundur bila timnya dikalahkan Latvia dalam lanjutan kualifikasi Piala Eropa 2016. Pada Senin dinihari, 17 November 2014, ia menyaksikan Belanda berhasil mengalahkan Latvia 6-0 di Amsterdam Arena.

Hiddink, yang kembali menangani Belanda menggantikan Louis van Gaal setelah Piala Dunia 2014, menjelang laga ini dengan penuh tekanan. Timnya sudah dua kali kalah dalam tiga laga awal di babak kualifikasi. Dalam uji coba terakhirnya, Jumat lalu, ia juga harus melihat timnya ditekuk Meksiko 3-2. (fa)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL