belandaSalvador, LiputanIslam.com, –Kali ini, tidak ada kejutan berarti di babak perempat final Piala Dunia. Belanda dan Argentina, dua tim yang sebelumnya memang diunggulkan, berhasil mengalahkan lawan-lawannya di babak delapan besar tersebut.

Minggu dinihari (6/7/2014) WIB, Belanda berhasil menghentikan perlawanan Kosta Rika lewat adu tendangan penalti. Keberhasilan ini menempatkan Tim Oranye menjadi kontestan terakhir untuk babak semifinal. Beberapa jam sebelumnya, Argentina juga berhasil mengatasi Belgia dengan skor tipis 1-0.

Dengan hasil-hasil ini, lengkap sudah empat semifinalis Piala Dunia 2014: Jerman, Brasil, Argentina, dan Belanda. Jerman akan menghadapi tuan rumah Brasil, menciptakan ulangan partai final Piala Dunia 2002. Sementara itu, Argentina akan menghadapi Belanda. Ini juga partai ulangan final Piala Dunia 1978.

Terhentinya Sensasi Kosta Rika

Sensasi Kosta Rika di Piala Dunia terhenti sampai di babak perempat final. Tim ini akhirnya menyerah dari Belanda lewat adu tendangan penalti. Babak adu penalti digelar setelah kedua tim berbagi angka 0-0 meskipun pertandingan sudah berlangsung selama 120 menit.

Sebelumnya, Kosta Rika memang disebut sebagai tim yang paling sensasional. Setelah menciptakan “neraka” bagi dua raksasa Eropa, yaitu Inggris dan Italia –sehingga keduanya tersingkir dari babak grup–, Kosta Rika kembali membuat sensasi dengan maju ke babak delapan besar pasca menyingkirkan wakil Eropa yang juga juara Piala Eropa 2004 Yunani lewat adu tendangan penalti. Akan tetapi, di babak delapan besar, langkah Kosta Rika terhenti oleh Belanda, juga lewat adu penalti.

Pada pertandingan di Arena Fonte Nova tersebut, secara keseluruhan Belanda tampil lebih dominan, demikian dilansir detik.com

Statistik FIFA mencatat skuat arahan Louis van Gaal itu memiliki 64 persen penguasaan bola dan 69 serangan berbahaya. Sebanyak 20 percobaan tercipta dengan 15 upaya mengarah ke gawang namun tidak ada yang berhasil menjadi gol.

Sementara itu, Kosta Rika memiliki 36 persen penguasaan bola dan 33 serangan berbahaya. Hanya enam percobaan yang bisa hasilkan Keylor Navas dkk. dan cuma tiga yang mengarah ke sasaran.

Tim Krul muncul sebagai pahlawan Belanda meski baru masuk di akhir 15 menit kedua perpajanngan waktu, menggantikan Jesper Cillesen. Kiper Newcastle United itu berhasil mementahkan tendangan penalti dua pemain Kosta Rika.

Dalam perebutan tempat di final, Belanda akan menghadapi juara dunia dua kali, Argentina, yang di pertandingan sebelumnya menang tipis 1-0 atas Belgia.

Argentina Menang Tipis 1-0

Argentina's Higuain celebrates next to Di Maria after scoring a goal against Belgium during their 2014 World Cup quarter-finals in BrasiliaArgentina berhasil melaju ke babak semifinal Piala Dunia 2014 seusai mengalahkan Belgia dengan skor tipis 1-0. Adalah Gonzalo Higuain yang menjadi pahlawan kemenangan La Albiceleste, julukan timnas Argentina.

Berlaga di Estadio Nacional Mane Garrincha, Sabtu (5/7/2014) malam WIB, Argentina mampu unggul cepat saat Higuain mencetak gol di menit ke-7. Penyerang 26 tahun itu meneruskan umpan Di Maria dengan sepakan voli ke arah pojok kiri bawah gawang Belgia.

Kedua tim kemudian saling serang, namun tak ada gol lain yang tercipta. Statistik tercatat relatif berimbang dengan penguasaan bola tercatat 54% berbanding 46% untuk keunggulan Belgia.

Sementara Argentina tercatat unggul peluang dengan dua tembakan tepat target dan satu kans membentur tiang. Belgia sendiri cuma punya satu tembakan tepat sasaran sepanjang pertandingan sebagaimana dilansir whoscored.

Dengan kemenangan ini, Argentina pun melaju ke babak semifinal. Lionel Messi dkk. selanjutnya akan menghadapi Belanda yang pada pertandingan lainnya berhasil mengalahkan Kosta Rika lewat adu tendangan penalti. (by)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL