ahsanhendraisiHong Kong, LiputanIslam.com –Pasangan ganda putra andalan Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan berhasil menjadi kampiun pada kejuaraan Hong Kong Open Super Series setelah menundukkan ganda kuat asal China, Liu Xiaolong/Qiu Zihan, melalui rubber set dengan skor 21-16, 17-21, dan 21-15.

Pertandingan final ganda putera yang berlangsung Minggu (23/11/2014) sore WIB berlangsung ketat. Awalnya, Ahsan/Hendra yang menempati unggulan kedua pada turnamen tersebut sempat tertinggal 6-8 dari ganda China yang merupakan unggulan keenam. Setelah itu, pertarungan sengit berlangsung sampai kemudian pasangan Indonesia itu unggul 15-13.

Kedua pasangan silih berganti merebut poin hingga kedudukan 18-16 untuk keunggulan Ahsan/Hendra. Tapi, setelah, perolehan poin Ahsan/Hendra tidak terkejar lagi untuk mendapatkan kemenangan di gim pertama dengan skor 21-16.

Di gim kedua, kedua pasangan kembali terlibat pertarungan ketat hingga angka menunjukkan kedudukan sama kuat, 14-14. Namun, Liu/Qiu kemudian menjauh dan menorehkan keunggulan 17-14 dan menutup gim ini dengan keunggulan 21-17.

Pada gim penentuan, Liu/Qiu sempat memberikan tekanan kepada Ahsan/Hendra. Ganda China tersebut dengan cepat unggul 6-3. Tapi, Ahsan/Hendra berhasil mengejar dan membuat pertarungan kembali seimbang. Skor sempat sama kuat pada kedudukan 11-11.

Ahsan/Hendra kemudian memimpin 17-13 dan setelahnya tidak terhentikan lagi. Mereka sukses mendapatkan poin demi poin sampai akhirnya menang dengan kedudukan 21-15 di gim terakhir ini.

Hasil ini membuat Indonesia tidak pulang dengan tangan hampa. Sebelumnya, wakil lain Indonesia di semifinal turnamen ini, pasangan ganda putri Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari, harus mengakui keunggulan unggulan teratas, Ayaka Takahashi/Misaki Matsutomo.

Pada pertandingan semifinal kemarin, Greysia/Nitya kalah dengan skor 16-21 dan 15-21. Takahasahi/Matsutomo kemudian kalah dari ganda putri China, Tian Qing/Zhao Yuniel di final.

Selain meraih juara di ganda puteri, China juga berhasil satu gelar juara lainnya dari nomor ganda campuran, setelah unggulan pertama Zhang Nan/Zhao Yunlei mengalahkan unggulan kedua yang juga rekan senegaranya Xu Chen/Ma Jin dengan skor 21-14,21-19.

Pada nomor tunggal putra, gelar juara direbut pemain Korea Selatan Son Wan Ho. Pemain Korea yang menempati unggulan keenam ini menjadi yang terbaik setelah mengalahkan pemain Tiongkok Chen Long yang meempati unggulan pertama dengan dua game langsung 21-19,21-16.

Kemudian pada nomor tunggal putri, gelar juara direbut pemain Taiwan Tai Tzu Ying. Pemain yang menempati unggulan keenam ini menjadi juara setelah mengalahkan pemain Jepang Nozomi Okuhara dengan dua game langsung 21-19,21-11. (by)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL