CAF2Rio de Janeiro, LiputanIslam.com, — Postur yang tegap, kuat beradu di fisik, kecepatan, dan teknik individu yang tinggi adalah di antara syarat yang harus dimiliki seorang pesepakbola profesional. Itulah yang rata-rata dimiliki oleh para pesepakbola asal Benua Afrika. Lalu, seberapa besar kans negara-negara asal Afrika untuk berprestasi di ajang Piala Dunia Brasil?

Dibanding Asia, Afrika terhitung telat masuk Piala Dunia. Jika negara-negara Asia sudah ikut Piala Dunia di tahun 1938 (dengan keikutsertaan “Indonesia” yang diwakili Tim Hindia Belanda), wakil Afrika baru menjalani debutnya pada tahun 1970. Adalah Maroko yang ketika itu jadi wakil pertama Afrika saat Piala Dunia dihelat di Meksiko.

Namun, dari sisi prestasi, kemilau negara-negara Benua Hitam itu bisa dikatakan lebih bersinar. Mereka selalu menjadi daya tarik sekaligus tantangan buat negara-negara unggulan.

Dalam perjalanannya, negara-negara Afrika berulang kali menghadirkan kejutan besar. Di Piala Dunia 1990 Kamerun di luar dugaan mengalahkan juara bertahan Argentina dengan skor 1-0 di laga pertama. Skenario itu terulang 12 tahun kemudian, saat Senegal menundukkan Prancis di pertandingan perdana Piala Dunia 2012 (di Jepang dan Korea Selatan).

Kamerun adalah tim yang paling sering lolos. Namun dari sisi prestasi, Ghana dan Senegal adalah dua negara Afrika tersukses terbesar di Piala Dunia. Di tahun 2002 Senegal melangkah sampai perempatfinal, sebelum akhirnya dikalahkan Turki dengan skor 1-0. Sementara empat tahun lalu Ghana juga sampai babak delapan besar, sebelum dikalahkan secara kontroversial oleh Uruguay.

Artinya, tim-tim Afrika sejauh ini belum ada yang bisa menembus empat besar dunia alias semifinal. Lalu, bagaimana kiprah negara-negara Afrika di Piala Dunia 2014 ini? Bisakah rekor itu mereka pecahkan?
Pantai Gading Paling Favorit

caf3Dari lima negara Afrika yang akan berlaga di Brasil, peluang terbesar untuk lolos ke babak selanjutnya dianggap dimiliki Pantai Gading. Faktor pertama adalah terkait ‘keberuntungan’ berada di grup ringan. Dibanding saudara-saudaranya dari Benua Afrika, Pantai Gading ‘cuma’ bergabung bersama Jepang, Yunani dan Kolombia di Grup C.

Selain lawan-lawan grup yang relatif satu level, hal lain yang membuat Pantai Gading layak menyimpan harapan tinggi adalah soal komposisi skuat. Tim berjuluk Les Elephants itu diisi oleh banyak bintang yang bermain di Eropa.

Didier Drogba memang sudah berumur, tapi dia hampir dipastikan masih akan jadi andalan pelatih Sabri Lamouchi. Jikapun Drogba buntu, mereka masih punya Gervinho yang tampil oke di AS Roma serta Wilfried Bony yang jadi tumpuan Swansea City.

Pantai Gading juga masih akan diperkuat Yaya serta Kolo Toure. Khusus Yaya Toure, dia sedang beada di puncak penampilan bersama Manchester City setelah musim lalu mencetak 20 gol, dan mengantarkan klub kaya raya itu merebut gelar juara Liga Primer.

Meski juga diperkuat beberapa pemain yang merumput di Eropa, peluang Kamerun lolos ke babak 16 besar bakal sulit. Samuel Eto’o dkk harus bersaing dengan tuan rumah Brasil, Meksiko, dan Kroasia yang bakal berebut tiket lolos dari Grup A.

Kondisi serupa berlaku untuk Nigeria di Grup F. Adalah Argentina yang dijagokan lolos sebagai juara grup ini. Nigeria mungkin bisa lebih unggul atas Iran. Tapi di grup yang sama masih ada Bosnia Herzegovina yang juga saat ini diisi oleh para pemain top Eropa.

Ghana yang empat tahun lalu masuk delapan besar kali ini harus berjuang mati-matian sedari fase grup. Michael Essien cs harus menghadapi dua wakil Eropa di Grup G yang menjadi favorit juara, yakni Jerman dan Portugal.

Aljazair yang berada di Grup H juga akan berhadapan dengan kuda hitam Belgia. Lawan berat lain yang menanti di grup ini adalah Rusia dan Korea Selatan.

Bisakah salah satu dari negara-negara tersebut melangkah lebih jauh di Piala Dunia kali ini? Bisakah mereka memecahkan rekor perempat final? Bisakah mereka melangkah sampai semifinal? (by/detik.com dan berbagai sumber)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL