Jokowi+PidatoJakarta, LiputanIslam.com, –Di hari kedua hilangnya pesawat AirAsia, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar konferensi pers Senin (29/12/2014) sore di Kantor Basarnas, Jl Garuda, Kemayoran, Jakarta Pusat, dalam rangka menanggapi musibah hilangnya pesawat. Dalam kesempatan tersebut, Jokowi menekankan semua pihak yang terkait agar berupaya keras hingga pesawat ditemukan.

“Saya memerintahkan Kepala Basarnas untuk bergerak mencari pesawat tersebut didukung semua pihak terkait, TNI Polri, maskapai, kementerian dan lembaga terkait, termasuk di dalamnya juga masyarakat. Dan saya juga memerintahkan Wakil Presiden untuk memimpin langsung pencarian pesawat tersebut,” kata Jokowi.

Presiden Jokowi juga berharap keluarga penumpang dan awak pesawat AirAsia dapat tabah selama proses pencarian pesawat yang hilang kontak sejak Minggu kemarin. “Kita mohon seluruh keluarga penumpang dan awak pesawat mendapatkan ketabahan,” ujarJokowi.

Jokowi meminta seluruh rakyat Indonesia untuk ikut mendoakan sejumlah pihak yang melakukan proses pencarian pesawat berpenumpang 155 orang tersebut. Jokowi yang sedang berada di Wamena, Papua, ketika pertama kali mendengar kabar itu mengaku bisa merasakan kegelisahan dan kekhawatiran penumpang, awak pesawat, dan keluarga yang masih menunggu kejelasan.

Jokowi juga menginstruksikan kepada maskapai AirAsia untuk bejerja cepat mengurus para keluarga korban. Juga mengungkap penyebab hilangnya pesawat semaksimal mungkin demi keselamatan penerbangan di Indonesia.

“Dalam hal ini KNKT menjadi lembaga yang berwenang menjelaskan hal ini,” kata Jokowi.

Jokowi kemudian mengungkap bantuan negara tetangga dalam pencarian pesawat AirAsia yang hilang di antara Tanjung Pandan, Bangka Belitung, dan Pontianak, Kalimantan Barat, tersebut. Pemerintah juga mengerahkan segala upaya untuk segera menemukan pesawat terbang itu dan penumpangnya.

“Saya juga telah memerintahkan kepada Menteri Perhubungan untuk segera memeriksa kembali semua safety dan semua proses penerbangan setelah secara maksimal sebagai langkah preventif dan perbaikan sejalan dan apa yang disampaikan International civil aviation organization,” katanya.

“Begitu juga BMKG dalam memberikan kondisi cuaca harus semakin ditingkatkan dan dimanfaatkan seacara maksimal. Dan terakhir semakimal mungkin kita mendukung pencarian dan kita doakan pesawat dan penumpangnya segera ditemukan,” ujarnya. (by)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL