LiputanIslam.com — Syaikh Ahmad Karimah, ulama dari Universitas Islam Al-Azhar, Mesir, memberikan kesaksian dan bersumpah nama Allah dan Kitabullah, bahwa madrasah-madrasah Sunni di Kurdistan dibiayai oleh Iran atas perintah dari Pemimpin Tertinggi Republik Islam Iran, Sayyid Ali Khamenei.

“Demi Allah, saya datang ke madrasah ini, demi Allah Yang Maha Agung, ini kali pertama saya sampaikan di program Anda yang tidak pernah saya sampaikan di program sebelumnya. Saya telah mengunjungi madrasah-madrasah Sunni di Kurdistan. Mereka mengatakan bahwa pemerintah tidak membiayai sekolah-sekolah agama, baik sekolah Sunni ataupun sekolah Syiah. Mereka mengatakan bahwa Sayyid Ali Khamenei menetapkan bahwa madrasah-madrasah Sunni dibiayai oleh hauzah-hauzah (madrasah Syiah) tanpa syarat,” ungkapnya.

Darimana sumber dana untuk membiayai hauzah ilmiah dan madrasah?

Ayatullah Ali Khamenei mengontrol dana dalam jumlah yang sangat fantastis. (Uraian selengkapnya silahkan baca: Kekayaan Sesungguhnya Sayyid Ali Khamenei ). Dana tersebut dikelola oleh SETAD untuk kegiatan sosial.

Selain itu, dalam mazhab Syiah ada ketentuan pembayaran khumus kepada marja yang dirujuk. Uang khumus inilah yang kemudian dikelola dan digunakan untuk membiayai pendidikan. Sehingga, para pelajar di hauzah ilmiah bisa menuntut ilmu secara gratis. Dana ini juga disalurkan untuk membiayai madrasah-madrasah Sunni.

Ya, seperti inilah Syiah di Iran memperlakukan Sunni. Namun oleh kaum pemecah belah, selalu disebutkan bahwa di Iran, kaum Sunni dibantai oleh Syiah. Menghadapi kaum seperti ini — sesuai dengan firman Allah — hendaklah meneliti terlebih dahulu jika datang suatu berita dari orang-orang yang fasik. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL