Jakarta, LiputanIslam.comWall Street Journal, media terkemuka Amerika Serikat menurunkan artikel yang berjudul ‘A Look Back Indonesia in 2014’ pada 24 Desember 2014. Dalam ulasan singkat, WSJ menuturkan beberapa peristiwa penting yang terjadi selama tahun 2014.

Januari…

Awal tahun, Indonesia harus menelan pil pahit. Alam seolah tak bersahabat, di Sumatera Utara, terjadi erupsi Gunung Sinabung, dan penduduk sekitar terpaksa harus mengungsi.

Bencana banjir, seolah belum bosan untuk menghampiri DKI Jakarta. Hujan turun terus menerus, yang memaksa sekitar 5.000 penduduk harus mengungsi. Semakin hari, banjir semakin meninggi dan pada minggu ketiga, kondisi semakin tidak terkendali. Sekitar 130.000 penduduk harus mengungsi.

Di bulan yang sama, kita memiliki seorang Ibu Negara, Ani Yudhoyono, yang adu mulut dengan follower-nya di instagram. Saat itu, ucapan Ani kepada follower-nya seperti,”Anda ini bodoh sekali” menjadi headline di berbagai media. Ia dianggap kurang bijak dalam bersosial media. Statusnya sebagai Ibu Negara dengan follower mencapai 900.000 orang, menjadikan Ani sebagai pusat perhatian.

Februari…

Gunung Kelud yang terletak di Jawa Timur, akhirnya memuntahkan lahar panasnya. Sedangkan Riau, provinsi yang terletak di Sumatera mengumumkan keaadaan darurat akibat kebakaran hutan yang menyebabkan asap tebal.

Maret…

Pesawat Malaysia Airlines MH370 menghilang, Firman Chandra Siregar tercatat sebagai salah satu dari tujuh penumpang Indonesia yang turut hilang dalam perjalanannya menuju Beijing. Hingga hari ini, keberadaan pesawat tersebut belum diketahui.

Di bulan yang sama Joko Widodo yang saat itu masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, mengumumkan diri sebagai calon presiden ketujuh RI dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan

April…

Indonesia menyelenggarakan pemilihan legislatif, dan dimenangkan oleh PDI Perjuangan, hanya saja, perolehan kursi di Parlemen tidak cukup sebagai syarat untuk mengajukan calon presiden dan wakil presiden.

Mei…

Komisi Pemilihan Umum mengumumkan hasil rekapan pemilu legislatif, hanya 30 menit menjelang batas waktu penghitungan yaitu pada 9 Mei pukul 12.00 malam. Berbekal hasil pileg, partai-partai di Indonesia akhirnya membentuk koalisi untuk mengajukan kandidat calon presiden dan wakil presiden.

Salah satu kandidat wakil presiden saat itu, Jusuf Kalla, mengaku masih sehat di usianya yang 72 tahun. Pernyataannya menjadi perbincangan media, lantaran ia menyebutkan bahwa dibalik tubuhnya yang prima, disebabkan karena ia memiliki seorang istri yang merawatnya. Hal ini dianggap sebagai bentuk sindiran kepada Prabowo Subianto, calon presiden dari Koalisi Merah Putih yang belum menikah kembali pasca perceraiannya.

Di bulan yang sama, Menteri Agama Suryadharma Ali harus hengkang dari jabatannya lantaran ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dana haji oleh Komite Pemberantasan Korupsi.

Juni…

Prabowo Subianto- Hatta Rajasa mendapatkan nomor urut 1, sedangkan Joko Widodo-Jusuf Kalla mendapatkan nomor urut 2 saat pengambilan nomor undian di KPU. Kedua pasangan calon presiden dan wakil presiden ini pun memulai kempanye di seluruh Indonesia, dan menjalani sesi debat sebanyak 5 kali.

Juli…

Pemilihan Presiden dilakukan pada 9 Juli, dengan hasil yang mencengangkan. Baik pasangan nomor urut satu maupun dua, keduanya mengklaim sebagai pemenang pilpres. Beberapa lembaga survey yang melakukan hitung cepat, menetapkan Jokowi-JK sebagai pemenang, dan sebagian lembaga survey lainnya memenangkan Prabowo-Hatta. Indonesia terbelah.

Agustus…

Kubu Prabowo-Hatta menggugat hasil pilpres ke Mahkamah Konstitusi, dan hasilnya, Joko Widodo-Jusuf Kalla ditetapkan sebagai pemenang pilpres. Saat itu, pendukung Prabowo-Hatta yang berdemo di sekitar gedung MK, terlibat bentrokan dengan aparat kepolisian.

Sedangkan Jokowi-JK yang telah ditetapkan sebagai presiden dan wakil presiden terpilih, membentuk Tim Transisi, untuk memuluskan proses pergantian kepemimpinan.

Di bulan yang sama, Jokowi menemui Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Bali, untuk melobi agar SBY segera menaikkan harga BBM. Namun upaya tersebut ditolak SBY.

September…

Terjadi drama politik yang menyedot perhatian publik, yaitu walk-outnya Partai Demokrat saat sidang paripurna untuk menentukan mekanisme pilkada. Akibatnya, publik marah dan mengecam partai yang dipimpin SBY tersebut dengan menjadikan tagar #ShameOnYouSBY sebagai trending topic world wide.

Oktober…

Hashim Djojohadikusumo, adik Prabowo Subianto dalam wawancara ekslusifnya bersama Wall Street Journal, menuturkan bahwa ia dan Koalisi Merah Putih, berencana akan menggunakan kekuatan sepenuhnya di Parlemen untuk menjegal langkah Jokowi-JK. Ia merasa dikhianati…

Di bulan yang sama, founder Facebook Mark Zuckerberg mengunjungi Indonesia dan berfoto di Candi Borubudur dengan menggunakan pakaian santai. Lantas, ia juga bertemu dengan Joko Widodo, dan ingin tahu apa itu blusukan. Akhirnya, Mark dibawa ke Tanah Abang dan menjadi pusat perhatian para pedagang di sana.

Pada tanggal 20 Oktober, Jokowi-JK dilantik sebagai presiden dan wakil presiden Indonesia, dan hari itu, dilangsungkan pesta rakyat hingga malam hari. Pada tanggal 26 Oktober, ia memilih 34 orang sebagai menteri yang akan membantunya menjalankan roda pemerintahan.

November…

Jokowi melakukan lawatan pertamanya ke Beijing, untuk menghadiri forum APEC. Di depan ratusan CEO, Jokowi melakukan presentasi dan mengundang para investor untuk berinvestasi di Indonesia. Setelahnya, Jokowi mengunjungi Myanmar dan Australia.

Sepulangnya dari luar negeri, Jokowi lantas mengumumkan kenaikan harga BBM, yang memicu aksi protes di seluruh Indonesia.

Desember…

TNI AL melakukan eksekusi terhadap 3 kapal Vietnam yang melakukan illegal fishing di Indonesia. Proses eksekusi tersebut disorot oleh media-media intrernasional. Menjelang pergantian tahun, TNI kembali menenggelamkan dua buah kapal besar milik Papua Nugini, dan menyita hasil tangkapan ikan sebanyak 63 ton. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*