Although 70 tunnels have been uncovered, Kurdish and Iraqi forces remain concerned that more secret layers may have been constructed in other parts of the town.

LiputanIslam.com — Inilah Irak. Meskipun 70 terowongan tempat persembunyian ISIS telah ditemukan, namun pasukan Kurdi dan Irak masih mewaspadai adanya kemungkinan terowongan rahasia yang digali di bagian kota lainnya.

Kelompok teroris Islamic State of Iraq and Syria (ISIS), mencoba menghindari serangan udara dengan bersembunyi di bawah tanah. Terowongan ini juga menjadi jalur untuk melarikan diri. Karena ISIS seringkali bersembunyi di bawah tanah, aktivis Suriah dan Irak kerap mengolok-olok ISIS, menyebut mereka sebagai ISIS rat atau tikus.

Terowongan ini ditemukan oleh pasukan Kurdi (Peshmerga) ketika kota Sinjar berhasil direbut dari cengkraman ISIS pada Desember lalu.

“Selalu ada terowongan di bawah gang, jalan dan bangunan publik yang masih utuh,” jelas Wais Faiq, Kepala Dewan Kota Sinjar kepada International Business Times.

Saking banyaknya terowongan yang digali, menurut Faiq, kota dan infrastruktur Sinjar benar-benar menjadi kacau/ rusak. Apalagi, masih ada kekhawatiran bahwa di dalam terowongan disimpan alat peledak. Selain itu, ada temuan yang tak kalah mengejutkan. ISIS memasang listrik di terowongan.

Selama ISIS mengontrol Sinjar, lebih dari 5.000 perempuan Yazidi ditangkap dan dipaksa menjadi budak seks. PBB memperkirakan ISIS masih menawan setidaknya 3.500 orang, sebagian besar diantara mereka adalah anak-anak dan perempuan Yazidi. (ba)

Foto: Dari berbagai sumber.

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL