Basij Stages Massive Drills in Western, Northern IranBy Photo: Iran Basij Military Forces Massive Drills in Western, Northern IranBy Photo: Iran Basij Military Forces Massive Drills in Western, Northern IranBy Photo: Iran Basij Military Forces Massive Drills in Western, Northern IranBy Photo: Iran Basij Military Forces Massive Drills in Western, Northern IranBy Photo: Iran Basij Military Forces Massive Drills in Western, Northern IranBy Photo: Iran Basij Military Forces Massive Drills in Western, Northern Iran

LiputanIslam.com — Pada November 1979, lembaga sipil yang bernama Basij Mustadzafin atau Pasukan Relawan Republik Islam Iran, dibentuk atas instruksi Pemimpin Tertinggi Revolusi Islam Iran saat itu, Imam Khomeini. Lembaga ini dibentuk dengan tujuan mengoptimalkan kemampuan masyarakat untuk menyelesaikan berbagai problema pasca revolusi Islam Iran, khususnya perlawanan terhadap intimidasi militer musuh.

Imam Khomeini dalam instruksinya yang memerintahkan pembentukan Lembaga Basii Mustadhafin, mengatakan, “Negara yang mempunyai 20 juta pemuda, harus mempunyai 20 juta pasukan siaga. Negara seperti ini akan terjaga.” Dengan demikian, lembaga ini dibentuk berfungsi sebagai peran vital dalam menjaga Revolusi Islam Iran dan memajukan bangsa ini.

Ayatullah Ali Khamenei yang menjadi penerus Imam Khomeini juga menaruh perhatian khusus pada Basij, bahkan dalam kondisi-kondisi tertentu, menekankan pentingnya Basij dalam Republik Islam Iran. Ia menyebut Basij sebagai salah satu tanda kebesaran Tuhan dan menilainya sebagai hal yang luar biasa. “Basij adalah kunci kegigihan, kelanggengan dan kemulian bangsa,” jelasnya.

“Basij dapat diartikan sebagai pribadi atau kelompok yang siap memenuhi kebutuhan-kebutuhan revolusi di setiap waktu dan bentuk. Inilah yang disebut dengan Basij,” tambahnya, sebagaimana dikutip dari Irib.

Baru-baru ini, digelar latihan militer pasukan Basij menggelar latihan bersama dengan sandi ‘Towards Beit al-Moqaddas’, yang bertujuan untuk mempersiapkan anggota untuk melawan kemungkinan bahaya yang mengancam negara.Latihan militer digelar di provinsi bagian Barat dan Utara Iran. (ba)

——–

Sumber foto: Alalam

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL