LiputanIslam.com— Gelombang Intifada 3 di Palestina bisa kita dukung dari Indonesia. Caranya adalah dengan melakukan boikot terhadap produk-produk perusahaan yang teridentifikasi beraffiliasi ataupun membiayai kebijakan-kebijakan tak berkeperimanusiaaan Zionis Israel.

Dina Y. Sulaeman, pengamat Timur Tengah menulis, ”Mengapa Israel harus diboikot? Karena, rezim Zionis yang berkuasa saat ini adalah rezim telah melakukan kejahatan kemanusiaan. Sejak berdiri tahun 1948, Rezim Zionis terus melakukan pembunuhan, pengusiran, penangkapan, dan diskriminasi terhadap warga Arab-Palestina. Mereka juga melakukan merebut lahan, menghancurkan rumah dan kebun-kebun zaitun milik warga Palestina. Meskipun sejumlah negara tetap mengupayakan agar ada perdamaian antara Israel dan Palestina, namun selama penguasa di Israel adalah Rezim Zionis, perdamaian itu tidak akan terwujud.” (Baca: Boikot Israel, Perlawanan Tanpa Mesiu)

Sejak tahun 2005, gerakan Boikot, Divestasi, dan Sanksi (BDS) telah meminta masyarakat internasional untuk menekan Israel dari sektor ekonomi sebagai bentuk perlawanan masyarakat sipil terhadap pendudukan,  kolonialisme, dan apartheid Rezim Zionis Israel.

Artinya, diperlukan perubahan pola gaya hidup, untuk konsumen yang biasa menggunakan produk-produk tersebut. BDS telah merekomendasikan setidaknya sepuluh produk, yang wajib diboikot karena memiliki keterlibatan dalam pendanaan guna menjamin eksistensi Israel. Tentu saja, masih banyak lagi produk barang ataupun jasa lainnya yang juga menggunakan tekhnologi Israel, termasuk iPhone, iPads, MacBook, Skype, firewall komputer, dan Microsoft XP. (Baca: Cara Lawan Propaganda Israel: Boikot)

Kesulitan mengenali produk-produk tersebut? Ada cara baru untuk memboikot produk Israel dengan menggunakan aplikasi yang tersedia pada Android. Berawal dari diunggahnya video di YouTube dengan judul “Boycott Israel Using The ‘BUYCOTT’ App”, kini aplikasi tersebut telah banyak disebarkan di media sosial. (Baca: Cara Baru Boikot Israel: Gunakan “Buycott App” )

Pada tahun 2014, sebuah studi di Israel menunjukkan bahwa aksi boikot internasional atas Israel telah merugikan Israel senilai $30 juta. (Baca: Israel Rugi $30 Juta Karena Boikot Internasional

Mari, bersama-sama kita sebarkan BDS terhadap Israel. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL