Foto: facebook

Foto: facebook

LiputanIslam.com — Aneka camilan yang tersedia saat ini  memang menggugah selera. Pabrik-pabrik berlomba-lomba memproduksi makanan dengan kemasan dan rasa menarik yang tentunya, disukai oleh semua lapisan umur. Tidak jarang kita melihat, camilan yang sesungguhnya menyasar segmen anak-anak, juga diminati oleh remaja dan dewasa.

Hanya saja, ada yang mungkin luput dari perhatian kita saat membeli makanan. Mungkin selama ini, sebelum membeli makanan atau minuman kemasan, kita hanya melihat tanggal produksi dan tanggal kadaluarsa, dan tidak memperhatikan hal lainnya. Padahal, beberapa makanan tertentu di produksi dengan memiliki batasan usia dan kondisi.

Contohnya, adalah produk camilan dari brand Garuda Food. Stik cokelat yang renyah dan menggoda itu, ternyata tidak baik dikonsumsi untuk anak-anak dibawah usia 5 tahun, ibu hamil dan menyusui.

Rini Nursyifa, seorang ibu rumah tangga, menyatakan bahwa ia baru menyadari bahwa ada  peringatan khusus pada kemasan makanan. “Ibu- ibu dan teman- teman yang share postingan aku, jangan salah persepsi ya sama postingannya. Maksudnya bukan dilarang untuk mengkonsumsi produk-produk tersebut. Tapi, untuk mengingatkan, pada kemasan ada himbauan bahwa makanan tersebut tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh anak dibawah 5 tahun, ibu hamil dan menyusui,” tulisnya.

Menurutnya, masyarakat harus smart (cerdas) dalam membeli sebuah produk yang tepat untuk keluarga. “Pasti kita selama ini tidak pernah memperhatikan himbauan itu padahal udah dicetak di kemasannya. Mungkin maksudnya biar kita selaku konsumen, bisa lebih smart lagi buat pilih-pilih makanan sehat dan pas untuk keluarga,” tambahnya.

Jadi Ayah dan Bunda, mulai sekarang, kita harus lebih selektif dalam memilih makanan. Jika Ayah dan Bunda memiliki anak yang biasa jajan sendiri, sebaiknya diajarkan sejak dini bagaimana cara memilih makanan yang tidak membahayakan dirinya. (ba)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL