Anak sehatLiputanIslam.com — Tak seperti orang dewasa, tubuh anak-anak cenderung rentan terhadap berbagai penyakit. Itu sebabnya, orangtua harus teliti mengatur pola makan anak dan menjauhkan mereka dari makanan kurang sehat. Dan bagaimana cara menyiasati agar anak dengan senang hati menjalani pla makan sehat? Berikut tipsnya, yang dikutip dari metrotvnews.com;

Jangan sajikan makanan kurang sehat dengan alasan cinta
Karena alasan sayang kepada anak, Anda cenderung memenuhi kemauan anak dengan memberikan makanan yang kurang sehat bagi mereka. Memberikan pizza, burger dan sejenisnya bukan cara yang tepat untuk menunjukkan cinta Anda. Sebaiknya, tunjukkan rasa sayang Anda dengan memeluk anak Anda. Ini merupakan bentuk kasih sayang secara fisik dan mendidik anak Anda secara sehat.

Tulis menu makan anak Anda
Buat menu yang sehat bagi anak Anda setiap hari. Misal, aneka sayuran, daging ayam, dan buah-buahan. Jika anak mengeluh karena temannya makan makanan cepat saji, jangan jadikan ini alasan untuk menyerah. Sebaiknya, belajar bereksperimen membuat berbagai jenis makanan sehingga Anda terbiasa membuat makanan sehat.

Cegah kebiasaan “habiskan makanan”
Jangan paksa anak untuk selalu menghabiskan makanan mereka. Biarkan mereka sendiri yang menentukan kapan mereka kenyang. Jika Anda tetap memaksa, cara ini hanya akan mengajari mereka untuk makan berlebihan.

Hitung kalori minuman anak Anda
Orangtua sering mengabaikan jumlah kalori pada minuman anak. Anda seharusnya memperhatikan minuman anak dan jangan membiasakan mereka meminum jus kemasan. Mungkin anak lebih suka menikmati jus kemasan ketimbang olahan Anda sendiri. Namun, jika dibiarkan, ini bisa menyebabkan obesitas pada anak. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL