Kulit jerukLiputanIslam.com — Apa yang Anda pikirkan ketika melihat segelas jus jeruk segar di tengah terik matahari yang menyengat? Tentunya, minuman ini akan menjadi pelepas dahaga yang nikmat.

Tentu saja, selain rasanya yang membuat ketagihan, jeruk juga memiliki berbagai manfaat. Tak diragukan lagi bahwa buah jeruk memiliki banyak vitamin, mineral, dan nutrisi yang bisa meningkatkan kesehatan tubuh. Namun tahukah Anda, bahwa ternyata, kulit jeruk pun ternyata juga mengandung banyak manfaat.

Kulit jeruk mengandung banyak karbohidrat, serat diet, protein, minyak citrus, vitamin C, dan berbagai mineral seperti zat besi, seng, magnesium, dan tembaga. Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi kulit jeruk, seperti dilansir oleh merdeka.com, 16 Februari 2015;

1. Mencegah kanker
Kulit jeruk mengandung flavonoid dan vitamin C yang efektif untuk mencegah kanker. Ini adalah salah satu manfaat terpenting dari kulit jeruk.

2. Menurunkan kolesterol
Kulit jeruk adalah pilihan yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Kulit jeruk mengandung banyak zat yang bernama hesperidin. Zat ini sangat efektif untuk menurunkan tingkat kolesterol, salah satu faktor yang bisa memicu penyakit jantung.

3. Menurunkan berat badan
Kulit jeruk diketahui bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Metabolisme tubuh yang aktif akan membantu Anda menurunkan berat badan. Mengonsumsi kulit jeruk sangat baik jika Anda sedang kelebihan berat badan dan ingin menurunkannya.

4. Memperbaiki sistem pencernaan
Kulit jeruk adalah salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan dan sakit perut yang disebabkan oleh terganggunya proses pencernaan. Zat anti peradangan pada kulit jeruk akan membantu mengatasi masalah pencernaan.

5. Mengatasi konstipasi
Selain mengatasi asam lambung dan mulas, kulit jeruk juga bisa membantu meredakan konstipasi. Zat bernama pectin yang ada di dalamnya sudah sangat dikenal bisa mengatasi konstipasi dan menjaga gerakan usus.

6. Meningkatkan kekebalan tubuh
Salah satu manfaat hebat yang terkandung dalam kulit jeruk adalah bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Kulit jeruk mengandung vitamin C yang bisa meningkatkan kekuatan kekebalan tubuh dalam melindungi tubuh kita.

7. Membuat tubuh berenergi
Masukkan bubuk kulit jeruk pada minuman Anda sehari-hari untuk menambah energi. Anda juga bisa membuat minuman kulit jeruk dengan merebusnya dalam air.

8. Meredakan bronkitis
Kulit jeruk sangat baik untuk meredakan masalah bronkitis yang Anda miliki. Air rebusan kulit jeruk bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah bronkitis.

Itulah beberapa manfaat hebat yang terkandung dalam kulit jeruk. Pikirkan lagi sebelum Anda membuang kulit jeruk. Kulit jeruk bisa diolah menjadi bubuk dengan mengeringkannya terlebih dulu, atau dengan merebusnya menjadi minuman. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL