sodaLiputanIslam.com–Ayah Bunda, berhati-hatilah. Jangan sampai si kecil mengkonsumsi minuman soda. Minuman bersoda mengandung banyak zat asam. Parahnya, sebuah penelitian mengungkap bahwa minuman yang mengandung zat asam dalam kadar tinggi bisa membahayakan kesehatan gigi anak-anak.

“Penelitian kami menunjukkan bahwa zat asam dalam minuman bisa merusak enamel gigi secara langsung, 30 detik setelah minuman yang asam tersebut menyentuh gigi. Ini merupakan penelitian yang penting dan sebaiknya menjadi peringatan agar anak menghindari minuman yang mengandung zat asam yang terlalu tinggi,” ungkap Dr Sarbin Ranjitkar dari Craniofacial Biology Research Group di University of Adelaide, Australia.

“Ketika anak mengonsumsi minuman yang mengandung asam tinggi, ini bukan masalah segera membersihkan gigi anak satu jam atau 30 menit setelahnya untuk mencegah kerusakan gigi, karena kerusakan sudah terjadi,” tambahnya, seperti dilansir oleh Web MD (11/08).

Selain itu, inilah resiko lain dari minuman bersoda:

1. Merusak Ginjal

Mengkonsumsi minuman bersoda secara berkala dapat membahayakan ginjal anda. Minuman bersoda dapat merusak ginjal dan menurunkan fungsinya, karena dalam minuman bersoda mengandung pemanis buatan, pewarna buatan, kafein, dan asam fosfat.
 2. Kerusakan Tulang
Orang yang banyak mengkonsumsi minuman bersoda akan membuat tulang menjadi lebih lemah bahkan terserang osteoporosis. Hal ini disebabkan karena kalsium yang seharusnya diserap tubuh, dikeluarkan oleh bahan kimia dari soda.
 3. Membuat Gemuk/ Kegemukan
Minuman bersoda banyak mengandung gula dan kalori. Orang yang banyak mengkonsumsi soda akan cenderung menjadi lebih gemuk.
 4. Meningkatkan Risiko Diabetes
Minuman bersoda banyak mengandung gula. Orang yang terkena penyakit diabetes dilarang untuk mengkonsumsi gula. Hal ini karena hormon insulin dalam tubuh tidak cukup, sehingga tidak sangngubah zat gula tersebut jadi gula otot (glikogen). Akibatnya gula darah (glukosa) meningkat dan sangat berbahaya.
 5.  Ketergantungan pada kafein
Dalam minuman bersoda juga terdapat kafein. Kafein ini membuat orang menjadi ketergantungan. Kafein dapat berefek negatif seperti insomnia, hipotensi, jantung berdebar, dan lainnya.
 6. Menyebabkan Risiko Penyakit Jantung
Fruktosa yang terdapat pada minuman bersoda mengandung fruktosa. Kandungan fruktosa yang tinggi dapat menyebabkan gangguan pada jantung.
 7. Merusak Sistem Imun
Gula buatan yang terdapat dalam soda dapat melemahkan sistem imun. Sehingga dengan demikian akan menjadikan anda lebih mudah terserang penyakit. (merdeka.com/worldislife.blogspot.com)
DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL