uap air garamJika Anda mengalami pilek yang tak kunjung sembuh dengan ingus yang keluar berwarna kuning atau bahkan kehijauan,  disertai dengan kepala yang sering kali terasa berdenyut dan bahkan badan yang terasa meriang, Anda harus waspada. Bisa jadi ini merupakan gejala dari sinusitis.

Berikut ini gejala-gejala lainnya:

1. Rasa nyeri dan tertekan di wajah
Sinus merupakan rongga-rongga di dalam tulang yang berada di sekitar hidung. Bila rongga kecil ini tersumbat, akan terjadi akumulasi lendir sehingga akan timbul rasa sakit dan berat pada bagian wajah. Sumbatan pada sinus dan inflamasi (peradangan) juga bisa menyebabkan otot-otot di sekitar pelipis dan dahi menguat, sehingga timbul rasa nyeri pada kepala.

2. Hidung bengkak
Bakteri yang berkembang biak dalam rongga sinus akan menyebabkan pembengkakan.

3. Bau mulut
Organisme penyebab infeksi sinus akan memproduksi buangan yang menyebabkan napas menjadi berbau.

4. Indera penciuman terganggu
Pilek juga bisa menyebabkan indera penciuman terganggu. Tapi, jika gangguan terjadi lebih dari seminggu, Anda perlu waspada bahwa itu diakibatkan oleh infeksi sinus.

5. Demam tidak terlalu tinggi
Saat sinus, sistem imun tubuh juga berperang melawan infeksi. Namun, demam pada kasus infeksi sinus tidak terlalu tinggi, berbeda dengan demam pada pilek.

6. Mata berair
Bila si kecil alergi terhadap alergen yang dihirup, seperti serbuk sari, bulu hewan, atau kutu debu, akan timbul reaksi perlawanan dalam bentuk hidung tersumbat dan mata berair. Reaksi imun ini bisa mengarah pada sinusitis.
Pada umumnya penderita sinusitis akut akan sembuh setelah pemberian antibiotik selama 3 minggu berturut-turut. Pada sebagian anak gejalanya berlanjut sampai 2-3 bulan atau bahkan lebih, keadaan ini dapat termasuk dalam sinusitis kronik. Pada anak dengan sinusitis kronik, gejala biasanya lebih ringan dan lebih lama. Bila sinusitis tidak ditangani dengan baik, maka akan terjadi komplikasi sinusitis kronik antara lain adalah selulita orbita (infeksi jaringan sekitar mata), osteomielitis (infeksi tulang), meningitis (infeksi selaput otak) dan abses.

Selain itu ada saran untuk pengobatan tradisional, yaitu  dengan menghirup uap air garam. Caranya, masukkan air mendidih ke dalam baskom kecil lalu tambahkan garam secukupnya. Kemudian tempatkan baskom tersebut di bawah hidung sehingga uap air yang keluar masuk ke rongga hidung. Tutuplah bagian kepala sehingga uap air tersebut bisa mengumpul di sekitar wajah. Lakukan dua kali dalam sehari secara rutin untuk mendapatkan kesembuhan penyakit sinusitis secara permanen. (dw/dari berbagai sumber)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*