LoyangLiputanIslam.com – Apakah Bunda membuat kue-kue lebaran sendiri? Buat  sendiri,  selain lebih murah,  juga lebih enak dan terjamin kualitasnya. Selain bahan-bahan yang harus disiapkan, loyang merupakan peralatan yang penting. Mau bikin cake atau kue kering, loyangnya pun berbeda.

Loyang kue membantu tampilan kue lebih cantik juga memudahkan kue dipotong. Agar loyang tahan lama dan tepat, perhatikan beberapa hal ini saat membelinya.

1. Ukuran loyang
Adonan kue akan mengembang 50 hingga 100 persen selama proses pemanggangan, jika tidak sesuai kue akan meluap. Karenanya sebelum menentukan ukuran loyang, perhatikan jumlah adonan yang akan dicetak juga ukuran dan kapasitas oven. Belilah ukuran loyang standar seperti bundar 20-22 cm, persegi 20-22 cm dan loyang datar untuk kue kering yang sering dipakai.

 2. Jumlah loyang

Setiap ukuran loyang tidak harus dibeli dalam jumlah banyak. Jika berencana membuat lebih dari dua cake, sebaiknya beli minimal 2 loyang ukuran sama agar bisa dipanggang sekaligus. Untuk kue kering sebaiknya beli minimal 4 loyang supaya bisa dipakai bergantian.

 3. Bahan loyang

Loyang dibuat dari aluminium, besi, tembaga, berlapisan antilengket dan silikat. Belilah loyang dengan bahan yang ringan dan mudah dibersihkan. Selain aluminium, bahan antilengket juga sangat praktis. Atau pakai bahan silikat yang mudah dibersihkan dan awet meskipun harganya mahal.

 4. Loyang khusus

Selain loyang dengan bentuk persegi dan bulat, pastikan Anda mempunyai stok loyang spesial untuk beberapa jenis kue seperti tulban, springform, muffindan cupcake. Karena untuk kebutuhan resep tertentu Anda memerlukan loyang tersebut. (ba/detik.com)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL