bawang putihLiputanIslam.com — Bawang putih mungkin selalu ada di dapur Anda.  Hampir tak ada masakan yang tak pernah lepas dari bawang putih. Ternyata, bawang putih  tak hanya membuat cita rasa makanan menjadi nikmat. Lebih dari itu, konsumsi bawang putih ternyata dapat memperlambat penuaan dan melindungi otak dari penyakit seperti Alzheimer dan Parkinson. Hal ini berdasarkan hasil studi para peneliti di Universitas Missouri.

“Bawang putih adalah salah satu makanan tambahan yang paling banyak dikonsumsi. Banyak yang menilai bawang putih sebagai ‘superfood’ karena mengandung sulfur yang diketahui sangat baik sebagai antioksidan dan anti-inflamasi,” ujar penulis studi Gu Zezong yang juga profesor patologi dan ilmu anatomi di MU School of Medicine.

Ia menjelaskan, penelitian kali ini fokus pada turunan karbohidrat dari bawang putih yang dikenal dengan nama FruArg. FruArg ini lah yang berperan untuk melindungi sel otak.

Menurut tim peneliti, kandungan bermanfaat dari bawang putih dapat menghambat, bahkan mengembalikan kerusakan sel otak yang disebabkan oleh masalah lingkungan, seperti asap rokok, polusi udara. Kerusakan otak juga dapat dipicu oleh cedera otak, penuaan, hingga konsumsi alkohol yang berlebihan.

“Ini membantu kita memahami bagaimana bawang putih bermanfaat untuk otak dengan membuat lebih tahan terhadap stres dan peradangan yang terkait dengan penyakit saraf dan penuaan,” kata Gu.

Untuk penelitian selanjutnya, Gu dan rekan-rekannya  ingin mempelajari efek dari FruArg pada sel-sel lain dalam tubuh yang berhubungan dengan penyakit jantung, diabetes dan kanker. (ba/kompas)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL