652860LiputanIslam.com-Kita semua kadang mengucek mata, entah karena mata kita terasa gatal atau kelilipan. Dengan mengucek mata, kita merasa nyaman dan rasa gatal juga mereda.

Namun sebenarnya, ini adalah perbuatan keliru. Mengucek mata justru membahayakan mata, sebab bisa mengakibatkan perubahan bentuk kornea dan dampak negatif lain.

Berikut adalah sejumlah dampak negatif mengucek mata:

Berubahnya Bentuk Kornea

Kebanyakan masalah penglihatan disebabkan bentuk kornea. Anda harus memerhatikan, mengucek mata tak hanya menipiskan kornea, tapi juga bisa merubah bentuknya. Kornea mirip dengan sebuah kerucut. Perubahan bentuk pada kornea berpengaruh besar pada penglihatan. Di sebagian kasus, diperlukan operasi untuk memperbaiki kerusakan pada kornea.

Keriput di Wajah

Jika Anda termasuk orang yang peduli dengan penampilan, sebaiknya Anda berhenti mengucek mata. Sebab, kulit di sekeliling mata lebih tipis dan lembut dari bagian lain. Terlalu sering mengucek bisa menimbulkan keriput di sekitar mata Anda.

Mata Memerah

Mengucek mata mengakibatkan tekanan pada urat-urat darah sehingga bisa mencederainya. Akibatnya, Anda akan mengalami gangguan mata merah yang parah.

Menimbulkan Infeksi

Tangan ditempati banyak bakteri dan mikrob. Saat Anda mengucek mata, bakteri dan mikrob bisa dengan bebas memasuki mata Anda. Sebagian orang menderita infeksi mata akibat hal ini.

Luka di Mata

Mengucek mata bisa menimbulkan goresan pada permukaan kornea. Kornea adalah selaput yang sangat ringkih dan sensitif. Skenario terburuknya, kornea mata Anda harus dijahit agar pulih seperti sedia kala.

Berubah Menjadi Kebiasaan Buruk

Ketika Anda mulai mengucek mata, kemungkinan Anda tak bisa menghentikannya. Ini bisa berubah menjadi kebiasaan buruk. Semakin sering Anda melakukannya, maka akibat yang mungkin timbul bisa lebih parah. Anda akan mengalami gangguan mata kering dan membengkak.

Mengucek mata adalah kebiasaan yang lazim dilakukan banyak orang. Namun, kebiasaan ini memiliki dampak-dampak negatif. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindarilah kebiasaan ini. (af/qudsonline)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL