Buah MentimunLiputanIslam.com — Mentimun merupakan jenis sayuran yang termasuk ke dalam keluarga tanaman seperti labu  dan semangka (keluarga Cucurbitaceae). Kandungan air pada sayuran mentimun sama seperti yang ada pada manfaat semangka, yaitu sebagian besar terdiri dari (95 persen) air. Artinya, mengonsumsi mentimun pada musim kemarau, dapat membantu tubuh tetap terhidrasi. Di Indonesia sendiri, mentimun banyak dikonsumsi mentah-mentah, biasanya dijadikan rujak atau lalapan.

Mentimun terdiri dari 95% air dan secara alami rendah kalori, lemak, kolesterol dan sodium. 1 cangkir irisan mentimun dengan kulitnya (sekitar 119 gram) mengandung :

  • 115 gram air
  • 16 kalori
  • 0,8 gram protein
  • 0,2 gram lemak
  • 2,9 gram karbohidrat (termasuk 0,9 gram serat dan 1,8 gram gula)

Di dalam secangkir mentimun ini, juga mencukupi kebutuhan harian zat seperti  11% dari vitamin K, 4% vitamin C, magnesium, kalium dan mangan. Lalu, ada 2% dari vitamin A, thiamin, riboflavin, B-6, folat, asam pantotenat, kalsium, zat besi, fosfor, seng dan tembaga.

Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan

1. Melindungi Otak

Di dalam mentimun terdapat sejumlah zat yang bernama flavanol (fisetin), yang memiliki manfaat dalam peningkatan memori dan melindungi sel-sel saraf, dari penurunan fungsi otak yang berkaitan dengan usia. Pada penelitian yang dilakukan oleh tikus, senyawa fisetin ini memberikan perlindungan secara progresif terhadap gangguan Alzheimer.

2. Asupan Antioksidan
Mentimun memang kaya dengan beragam jenis antioksidan juga terdiri dari flavonoid, quercetin, apigenin, luteolin, kaempferol, termasuk vitamin C dan beta karoten. Antioksidan dapat membantu melawan pertumbuhan gejala kanker dan menurunkan resiko penyakit kronis termasuk penyakit jantung.

3. Menjaga asupan air bagi tubuh
Mentimun mengandung 96% kadar air yang lebih baik dibanding air biasa. Makan mentimun, dapat menghindarkan diri dari dehidrasi dan tentunya membantu menetralkan toksin dalam tubuh.

4. Menyehatkan jantung
Kandungan dalam jus mentimun berupa kalium seperti pada manfaat pisang, juga magnesium dan serat yang sangat baik dikonsumsi bagi penderita darah tinggi atau pun rendah. Keseimbangan kalium di dalam maupun di luar sel-sel sangat penting bagi tubuh, untuk mengontrol keadaan tekanan darah dalam tubuh.

Sebagai elektrolit, kalium adalah ion yang memiliki muatan positif yang harus dipertahankan dalam konsentrasi tertentu (sekitar 30 kali lebih tinggi dalam daripada di luar sel) dalam rangka melaksanakan fungsinya. Hal ini meliputi interaksi zat terhadap sodium, untuk membantu transmisi impuls kontrol saraf, kontraksi otot, dan fungsi jantung.

5. Menjaga berat badan
Mentimun sangat rendah kalori, yang bekerja seperti manfaat apel untuk diet. Serat larut dalam mentimun bertekstur seperti gel dalam usus, yang membantu untuk memperlambat pencernaan. Perut akan merasa kenyang lebih lama dan inilah yang merupakan salah satu alasan, mengapa makanan kaya serat dapat membantu mengontrol berat badan.

6. Baik untuk kesehatan gigi dan gusi
Mengunyah mentimun dapat merangsang kelenjar air liur untuk memproduksi lebih banyak dan dapat mengurangi zat asam pada rongga mulut serta bekteri yang tumbuh di dalamnya. Penyakit gusi lain seperti pyorrea secara efektif dapat diobati dengan mentimun.

7. Mendukung Pencernaan Yang Sehat
Pada mentimun terdapat 2 komposisi dasar yang paling kaya, dan paling diperlukan untuk pencernaan yang sehat yaitu air dan serat. Kandungan serat dan air yang melimpah membersihkan usus dari racun. Kulit mentimun mengandung serat larut, yang membantu menambah kebutuhan buang air besar. Hal ini membantu makanan bergerak melalui saluran pencernaan yang lebih cepat untuk pencernaan sehat.

8. Membantu menyembuhkan gejala penyakit rematik dan asam urat
Vitamin A, B, Folat, Kalium, Magnesium dalam mentimun yang dicampur dengan jus wortel untuk mendapatkan manfaat wortel, mampu meredakan nyeri astritis dan kadar asam urat dalam tubuh. (ba/manfaattumbuhanbuah.blogspot.com/)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL