Jakarta, LiputanIslam.com—Tak terasa, bulan Ramadan tahun 2019 tinggal menghitung minggu. Untuk menyambut bulan suci ini, apa saja sih yang perlu kita persiapkan agar tubuh kita siap menjalankan puasa?

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan, seperti dilansir lifestyle.bisnis.com:

 

  1. Mulai makan dalam jumlah sedang

Mulailah dengan makan dengan jumlah sedang. Jangan terlalu sering jajan karena Ramadan sudah dekat dan perilaku ini hanya akan menambah nafsu makan Anda. Tentu saja pada akhirnya Anda akan lebih sulit untuk berpuasa.

  1. Sarapan lebih awal

Selama Ramadan, Anda perlu bangun lebih awal untuk melakukan sahur–sebelum waktu subuh tiba. Penting bagi Anda tidak melewatkannya. Saat ini, cobalah memulai sarapan lebih awal untuk membantu tubuh beradaptasi menerima asupan makanan di awal waktu.

  1. Kurangi ngemil

Pastikan diri Anda makan di tiga jam utama, pagi siang dan malam dan coba perlahan hindari kebiasaan mengemil. Selama Ramadan, Anda hanya diperbolehkan makan saat sahur dan berbuka puasa (saat magrib).

  1. Kurangi minum kopi

Jika Anda pecinta kopi dan tak ingin mengalami sakit kepala di awal Ramadan, mulailah kurangi asupan kopi harian Anda mulai saat ini.

  1. Kurangi merokok

Para perokok yang memulai puasanya tanpa persiapan akan mengalami berbagai gejala seperti sensitif, marah, tak sabar dan sulit berkonsentrasi. Untuk mengurangi masalah ini, kurangilah rokok perlahan-lahan terutama di siang hari.

  1. Cobalah lakukan puasa sunnah

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menyiapkan diri menjelang puasa Ramadan adalah berlatih. Cobalah misalnya melakukan puasa sunnah (semisal puasa di hari Senin dan Kamis), untuk membantu tubuh beradaptasi.

  1. Tidur teratur

Jika Anda biasanya tidur terlambat dan bangun terlalu siang, cobalah mengubah kebiasaan ini karena selama Ramadan Anda perlu bangun lebih awal untuk sahur. Sebagai alternatif, cobalah manfaat waktu untuk tidur siang selama beberapa menit.

  1. Persiapkan menu sahur dan berbuka puasa

Mempersiapkan menu sahur dan berbuka puasa sebelum Ramadan tiba akan membantu Anda “ribet”, terutama di minggu awal Ramadan. Coba buatlah daftar menu setiap minggunya, termasuk bahan-bahan makanan yang diperlukan.

  1. Jika perlu, berkonsultasilah dengan dokter

Jika Anda menderita penyakit diabetes atau tekanan darah tinggi, cobalah berkonsultasi dengan dokter, misalnya apakah kondisi Anda aman melakukan puasa. (ra/ lifestyle.bisnis.com)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*