LabuLiputanIslam.com — Anda suka labu? Di Indonesia, buah labu biasanya diolah menjadi kolak yang enak. Terkadang, buah labu juga dijumpai dalam sayuran di berbagai daerah. Ternyata, selain memiliki rasa yang nikmat, buah labu juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kita.

Labu kaya akan vitamin dan nutrisi. Bahkan, pada zaman dahulu suku Indian menggunakan biji labu sebagai obat sakit perut. Ada beberapa manfaat yang dapat Anda rasakan dari mengonsumsi buah labu, seperti yang dikutip dari Kompas:

1. Lebih awet muda.
Buah labu mengandung banyak sekali vitamin A dan antioksidan yang  berfungsi mencegah penuaan dini. Proses pembaruan sel-sel kulit dan produksi kolagen meningkat, sehingga mampu mencerahkan dan menghaluskan kulit.

2. Menurunkan berat badan.
Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan tidak ada salahnya mengonsumsi buah ini. Labu yang dimasak-direbus tanpa garam hanya mengandung 50 kalori. Selain itu, kandungan kolesterol dan sodiumnya sangat rendah. Labu juga memiliki serat fiber yang kompleks, sehingga proses mencernanya lebih lama dan perut pun tak gampang cepat lapar.

3. Mempengaruhi seks pria.
Tak hanya daging buahnya, biji labu juga bermanfaat. Kandungan zinc dalam biji labu dapat meningkatkan imunitas dan perkembangan sel tubuh. Bagi para pria, zinc berguna mempengaruhi kesuburan, kadar testosteron, dan kesehatan sperma.

4. Meningkatkan kesehatan prostat.
Bagi Anda yang bermasalah dengan kesehatan prostat, biji labu dapat menjadi pilihan. Konsumsi biji labu secara rutin mampu mengatasi masalah prostat berkat kandungan pyhtosterols di dalamnya. Zat ini membantu mengecilkan pembesaran prostat.

5. Mengusir parasit dalam usus.
Biji labu yang digiling mampu menyingkirkan parasit dalam usus. Penduduk asli Amerika menggunakannya untuk pengobatan tradisional mereka. Di Afrika, bahan ini sedang digunakan untuk mengobati cacing pita. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL