Jakarta, LiputanIslam.com—Sebelum mudik, mungkin kita sudah membersihkan dan merapikan rumah terlebih dahulu. Namun, itu tidak berarti setelah kembali ke rumah kita langsung bisa menikmati hunian dalam keadaan bersih.

Rumah yang tinggal selama berhari-hari pastilah mengalami banyak hal sehingga kondisinya kotor. Berikut ini tips untuk membersihkan rumah setelah ditinggal mudik:

 

  1. Buka semua jendela
    Selama ditinggal, sirkulasi udara jadi terbatas karena ventilasi besar seperti pintu dan jendela tertutup. Itu memang harus dilakukan demi alasan keamanan. Karena itu, saat kembali ke rumah, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka semua pintu dan jendela agar ruangan tidak terasa pengap serta bisa mendapat udara segar dan sinar matahari yang baru.
  2. Lanjut ke area kamar
    Ruangan pertama yang ingin disambangi saat pulang ke rumah pastilah kamar tidur. Karenanya, ruangan ini harus jadi yang pertama dibersihkan setelah membuka semua ventilasi. Ganti seprai tempat tidur dengan yang baru agar Anda tidak menghirup debu yang hinggap di kasur. Bila perlu, tambahkan wewangian agar kamar yang tidak ditempati berhari-hari ini semakin nyaman.
  3. Beralih ke dapur
    Setelah membersihkan kamar, segera periksa dapur. Lihat, apakah Anda meninggalkan piring kotor yang lupa dibersihkan atau tidak. Jika ada, segera dibersihkan karena bisa menjadi sumber bau tak sedap di rumah. Jangan lupa juga untuk membersihkan peralatan makan atau memasak yang sudah bersih sebelum memakainya sebab biasanya debu-debu menempel di peralatan dapur.
  4. Cuci baju kotor
    Sebelum pergi, bisa jadi Anda tidak sempat mencuci  baju sehingga baju-baju kotor telah menumpuk cukup lama di rumah. Baju kotor yang menumpuk dalam waktu lama bisa menimbulkan bau tak sedap di rumah. Segera cuci baju-baju kotor tersebut, ditambah baju kotor yang dibawa selama meninggalkan rumah. Jika tidak ada tenaga untuk melakukannya, Anda bisa memanfaatkan jasa binatu.
  5. Bersihkan teras
    Bagian teras adalah bagian rumah yang paling mudah dan cepat kotor ketika ditinggal. Terlebih, jika rumah terletak di pinggir jalan besar dan banyak kendaraan yang lalu lalang di depannya, pastinya banyak debu yang bertebaran di teras. Jika Anda memang punya banyak waktu membersihkan rumah, jangan lupakan bagian ini. (ra/tempo)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*