Jahe migrenLiputanIslam.com — Migrain adalah gangguan kronis yang ditandai dengan terjadinya sakit kepala ringan hingga berat yang seringkali berhubungan dengan gejala-gejala sistem syaraf otonom. Kata migrain berasal dari Yunani ἡμικρανία (hemikrania), yaitu “rasa sakit di salah satu sisi kepala.

Tandanya berupa sakit kepala unilateral (hanya pada separuh bagian kepala), berdenyut-denyut, dan berlangsung selama 2 hingga 72 jam. Gejala-gejala yang turut menyertai antara lain mual, muntah, fotofobia (semakin sensitif terhadap cahaya), fonofobia (semakin sensitif terhadap suara) dan rasa sakitnya semakin hebat bila melakukan aktifitas fisik.

Migrain dipercaya terjadi sebagai akibat dari gabungan berbagai faktor lingkungan dan genetik. Kira-kira dua-per tiga kasus terjadi pada orang-orang yang sudah berkeluarga.Kadar hormon yang naik-turun juga dapat berpengaruh: migrain sedikit lebih banyak terjadi pada remaja pria daripada wanita sebelum masa puber, namun pada orang dewasa, sekitar dua hingga tiga kali lebih banyak terjadi pada wanita daripada pria.

Pernahkah Anda menderita migrain? Rasanya pasti sangat menyiksa. Namun jangan khawatir, ternyata migrain bisa diredakan tanpa harus menggunakan obat-obatan lho. Dari laporan Beritasatu, disebutkan bahwa jahe memiliki banyak manfaat. Selain bisa menghangatkan tubuh, jahe juga bisa mengusir migrain.

Jahe mengandung senyawa antiinflamasi (antiradang), yang memainkan peran kunci dalam memerangi berbagai gejala migrain. Senyawa ini menghambat sintesis prostaglandin, yang menyebabkan peradangan dan nyeri, sehingga menghilangkan sakit kepala.

Jahe juga merupakan obat tradisional yang mampu merangsang fungsi kerja pencernaan dan mencegah muntah, yang sering juga terjadi pada orang yang menderita serangan migrain.

Berikut cara mempersiapkan teh jahe:
1. Ambil setengah jahe, cuci dan kupas.
2. Jahe bisa diparut atau dipotong menjadi beberapa potong, sesuai selera.
3. Tambahkan potongan atau parutan jahe yang telah diperas untuk secangkir air mendidih dan tunggu sekitar 10 sampai 15 menit.
4. Biarkan dinginkan sedikit, saring dan minum.
5. Anda juga dapat menambahkan dengan madu dan jeruk nipis. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*