smart womanUniversitas Aberdeen, LiputanIslam.com–Menurut Anda bagaimanakah istri yang ideal itu; apakah kepintaran menjadi titik ukur kualitas seorang istri? Mungkin saja seperti itu. Penelitian menunjukkan mempunyai pasangan yang pintar bisa memperpanjang umur dan menghindari sakit jiwa (dementia). Dalam diskusi bertajuk “Dementia: How Can We Protect Ourselves?” (bagaimana melindungi diri dari dementia), Professor Lawrence Whalley, pakar kesehatan mental di College of Medicine and Life Sciences di Universitas Aberdeen, berkata, “Seorang lelaki kalau ingin panjang umur, yang harus ia lakukan adalah menikahi wanita pintar. Tidak ada penghalang yang lebih baik (dari dementia) daripada kepintaran.”

Penelitian ini dilakukan oleh Universitas Aberdeen dengan melakukan pemeriksaan kesehatan atas dua kembar identik. Kemudian ditemukan bahwa mempunyi istri pintar adalah faktor penting untuk melindungi diri dari penyakit degeneratif.  Mereka meyakini lelaki yang memilih menikahi wanita pintar akan hidup lebih bahagia dan lebih panjang umur, dan cenderung tercegah dari penyakit Alzheimer dan dementia. Penelitian sebelumnya menemukan bahwa game yang memerlukan kepintaran seperti teka-teki silang bisa membantu mencegah dementia dan Alzheimer dengan menstimulasi otak, sehingga masuk akal jika istri yang ‘menantang’ kemampuanmental suaminya bisa berguna bagi sang suami. Anehnya, beberapa pria yang telah menikahi wanita pintar bahkan memperlihatkan ciri dementia di otak ketika di scan, namun mereka tidak menderita dari gejala-gejala penyakit ini. Faktanya, otak mereka ditemukan memiliki intelektualitas tinggi dan berfungsi secara baik.

Menganjurkan para pria untuk memilih kecerdasan perempuan daripada kecatikan adalah suatu hal yang sulit. Walaupun begitu, penelitian menunjukkan pria yang menghargai kepintaran ketika memilih pasangannya akan berguna bagi kesehatan mental dan fisik, juga dengan pergaulan sosial. (ra/iheartintelligence.com)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL