Jakarta, LiputanIslam.com—Kita sebagai manusia, memiliki gigi yang bukan hanya berfungsi untuk mengunyah makanan, tapi juga untuk estetika wajah secara keseluruhan. Jika gigi terlihat kuning, berlubang, bahkan tanggal, tentu penampilan Anda jadi tidak memesona.

Karena itulah, kita harus menjaga kesehatan gigi. Perhatikanlah 7 kebiasaan yang berdampak pada rusaknya gigi.

  1. Mengunyah es batu
    Es batu memang bebas gula dan alami, tetapi bukannya tanpa dosa. Kebiasaan mengunyah es batu yang keras dan dingin bisa membuat gigi terkikis, bahkan retak.Hobi mengunyah es batu juga dapat mengiritasi jaringan lunak di sekitar gigi sehingga gigi menjadi sensitif.
  1. Minum susu sebelum tidur
    Tak pernah ada kata terlalu dini untuk melindungi gigi. Membiasakan bayi untuk minum susu dari botol bisa membuat gigi menjadi berlubang. Bayi juga akan terbiasa tertidur dengan botol di mulutnya, sehingga gula dari susu akan menempel di giginya semalaman.
  2. Tindik lidah
    Menindik lidah mungkin membuat Anda terlihat berani, keren, dan kekinian. Namun, menggigiti bahan metal bisa membuat gigi retak. Tindik di bibir juga menyebabkan risiko yang sama. Saat anting metal mengenai gusi, akibatnya adalah kerusakan gusi sehingga gigi bisa tanggal. Luka tindik juga bisa menjadi sumber infeksi.
  3. Gemeretak gigi
    Menggemeretak gigi (bruxism) memang sering dilakukan tanpa sadar saat tidur. Kebiasaan ini bisa dipicu oleh stres atau pola tidur. Dalam jangka panjang, gemeretak gigi bisa membuat gigi menjadi sensitif, bahkan rapuh.
  4. Suka permen karet
    Semua permen bisa merusak gigi, tetapi ada beberapa jenis permen yang dampaknya lebih berbahaya. Permen karet yang kenyal adalah salah satunya. Selain menempel di gigi, permen karet ini juga membuat gigi terpapar gula lebih lama.
  5. Minum soda
    Tanpa disadari, mengonsumsi minuman bersoda berarti kita menambah banyak gula ke dalam tubuh. Dalam sekaleng softdrink terkandung gula sampai 11 sendok teh. Selain itu, soda juga juga mengandung asam yang bisa mengikis enamel gigi.
  6. Merobek dengan gigi
    Membuka kemasan sachet, tutup botol, atau merobek plastik, dengan gigi mungkin praktis, tetapi kebiasaan ini bisa membuat gigi menderita. Memakai gigi sebagai alat bisa menyebabkan gigi retak atau terkikis. (ra/kompas)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL