waterJakarta, LiputanIslam.com– Jika Anda sedang ingin menurunkan berat badan, salah satu cara yang sering dianjurkan adalah meminum cukup air putih. Hidrasi yang cukup diyakini membantu proses penurunan berat badan. Berikut cara kerja air putih membantu melangsingkan tubuh:

  1. Membantu meningkatkan efektivitas olahraga
    Menurut laporan terbaru American Journal of Clinical Nutrition, ketika Anda mengalami dehidrasi selama olahraga, hal ini langsung berdampak jika memang tujuan Anda adalah penurunan berat badan. Oleh sebab itu, penting untuk memenuhi kebutuhan cairan Anda selama berolahraga atau melakukan aktivitas fisik.

    2. Meningkatkan metabolisme
    Sebuah studi dalam Journal of Endocrinology and Metabolism menyatakan bahwa minum cukup air dalam sehari membantu meningkatkan metabolisme Anda hampir 30 persen. Jika kemudian Anda memanfaatkannya dengan latihan fisik, peningkatan metabolisme ini akan berdampak juga pada pembakaran kalori yang lebih banyak.

    3. ‘Melawan’ lapar palsu
    Saat merasa lapar, Anda dianjurkan untuk meminum segelas air putih terlebih dahulu. Jika rasa lapar itu hilang, maka sebenarnya Anda sedang merasa haus. Tubuh seringkali keliru memberikan isyarat, sehingga rasa lapar palsu ini kerap membuat Anda makan lebih banyak dan berat badan pun kian meningkat.

    4. Membantu proses detoksifikasi
    Air merupakan salah satu komponen penting yang dibutuhkan untuk membuang racun-racun dalam tubuh. Termasuk di dalam organ seperti ginjal. Oleh sebab itu, penuhi kebutuhan air putih Anda agar tubuh tetap bugar dan sehat. Jika bosan, Anda bisa menciptakan rasa unik misalnya dengan menambahkan irisan lemon ke dalam air putih.

    5. Mencegah asupan kalori berlebih
    Minuman manis dan bergula sudah pasti mengandung kalori yang tak sedikit. Nah, untuk mencegah penimbunan kalori berlebih dalam tubuh, maka Anda lebih dianjurkan untuk memilih minum air putih. Studi dalam BMC Public Health menyebutkan bahwa pemenuhan kebutuhan cairan dalam tubuh membantu mengurangi keinginan untuk minum minuman manis. (ra/detik)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL