aaaLiputanIslam.com — Ayah Bunda yang memiliki anak remaja, kita harus mewaspadai cara mereka dalam berkomunikasi lho. Sekarang jamannya internet dan gadget, yang membuat mereka sering berkomunikasi melalui chatting di berbagai macam media. Dari investigasi yang dirangkum dalam theasianparent.com, ternyata ada 10 isyarat yang acapkali mereka gunakan. Tentu saja, ini yang digunakan oleh pengguna bahasa Inggris. Perlu diteliti, apa saja simbol-simbol yang dipakai anak Indonesia, supaya ortu bisa segera mengambil langkah-langkah bijaksana untuk menjaga anak-anaknya.

Pertama, simbol (?^). Terlihat bukan sebuah simbol yang berbahaya. Namun siapa sangka, jika simbol ini berarti hook up atau having sex. Jadi, jika Ayah Bunda menemukan simbol ini dalam chat putra-putri Anda, harus siaga pasang kuda-kuda karena mereka tengah menyusun rencana yang berbahaya.

Kedua, simbol (POS). POS adalah singkatan dari ‘point of sale’, yang maksudnya adalah, putra-putri Anda tahu bahwa Anda mengawasi mereka. Karena itu ia mengirimkan pesan kepada lawan chatting-nya untuk ekstra hati-hati karena gerak-geriknya diperhatikan. Ayah Bunda patut waspada, kira-kira apa yang mereka obrolkan saat Anda tidak mengawasi mereka?

Ketiga, simbol (1234). Ah, bukankah itu hanya angka biasa? Ternyata tidak. Mereka menggunakan angka-angka itu untuk mengungkapkan “I love you”.

Keempat, simbol (ASL). Umumnya, hal ini akan digunakan untuk mengorek informasi untuk yang pertama kalinya saat memulai chatting. ASL bermakna age, sex , location. Namun harap dicatat, bahwa siapapun bisa menyembunyikan identitas yang sbenarnya di dunia maya. Bisa jadi, seorang yang mengaku baru berusia 17 tahun, sesungguhnya adalah ‘predator’ yang telah berumur 40 tahun.

Kelima, simbol (>u). Simbol ini, hampir sama artinya dengan hook up atau having sex. Jika Anda menemukan simbol ini digunakan oleh putra-putri Anda, maka percayalah, mereka tidak sepolos yang Anda kira.

Keenam, simbol (//). Anda benar-benar harus waspada jika menemukan simbol ini, karena artinya, putra-putri Anda tengah berusaha untuk menyakiti dirinya sendiri. Ia tengah depresi, tertekan, frustasi, dan sebagai orang tua, Anda jangan menghakimi. Ajaklah mereka bicara dan bantu memecahkan masalahnya.

Ketujuh, simbol (8===D). Simbol apakah ini? Sebuah senyuman lebar? Salah. Ini adalah simbol dari organ reproduksi laki-laki. Nah, jika Ayah Bunda menemukan simbol ini, tidak usah diragukan lagi, mereka tengah membicarakan all about sex.

Kedelapan, simbol (4Q). Coba ucapkan kata four q, four q, four q berulang-ulang, apa yang Anda dengar? Benar, sepintas kata four q akan terdengar seperti ‘fuck you’. Jadi, ketika putra-putri Anda menggunakan simbol ini, ia tengah memaki.

Kesembilan, simbol (CD9). Simbol ini hampir sama artinya dengan POS, yang merupakan isyarat bahwa putra-putri Anda menyadari bahwa Anda mengawasi tindak-tanduknya.

Kesepuluh, simbol (AAA). Tentu, ketika melihat simbol ini Anda juga perlu melihat kalimat selengkapnya yang mereka bicarakan. AAA berarti anytime, anywhere, anyplace. Simbol ini menunjukkan, mereka tengah merencanakan sesuatu. (ph)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL