Jakarta, LiputanIslam.com—Banyak dari kita diberitahu bahwa kuantitas air yang harus kita minum adalah 8 gelas per hari untuk mencukupi cairan di dalam tubuh. Namun, faktanya jawaban persis berapa banyak air yang harus Anda minum tidak sesederhana itu.

 

Rekomendasi Minum Air

Sementara aturan 8 gelas adalah awal yang baik, itu tidak didasarkan pada informasi yang padat dan diteliti dengan baik. Berat badan kita terdiri dari 60 persen air. Setiap sistem di dalam tubuh membutuhkan air untuk berfungsi. Asupan yang Anda rekomendasikan didasarkan pada faktor-faktor termasuk jenis kelamin, usia, tingkat aktivitas, dan lainnya, seperti jika wanita sedang hamil atau menyusui.

Asupan Air untuk Orang Dewasa

Rekomendasi IOM saat ini untuk orang berusia 19 tahun ke atas adalah sekitar 3,7 liter untuk pria dan 2,7 liter untuk wanita. Ini adalah asupan cairan Anda secara keseluruhan per hari, termasuk apa pun yang Anda makan atau minum yang mengandung air di dalamnya, seperti buah atau sayuran.

Dari jumlah ini, pria harus minum sekitar 13 gelas dari minuman. Sementara untuk wanita 9 gelas.

Asupan Air untuk Anak-Anak

Rekomendasi untuk anak-anak banyak berkaitan dengan usia. Anak perempuan dan anak laki-laki antara usia 4 dan 8 tahun harus minum 40 ons per hari, atau lima gelas. Jumlah ini meningkat menjadi 56 hingga 64 ons, atau 7 hingga 8 gelas, pada usia 9 hingga 13 tahun. Untuk usia 14 hingga 18 tahun, asupan air yang disarankan adalah 64 hingga 88 ons, atau 8 hingga 11 gelas.

Asupan Air untuk Wanita Usia Reproduktif

Jika ibu hamil atau menyusui, rekomendasi Anda berubah. Wanita hamil dari segala usia harus meminum 80 ons, atau 10 gelas air setiap hari. Wanita menyusui mungkin perlu meningkatkan asupan air hingga 104 ons, atau 13 gelas.

Pertimbangan Lain

Anda mungkin juga perlu minum lebih banyak air jika Anda tinggal di iklim panas, sering berolahraga, atau mengalami demam, diare, atau muntah.

Tambahkan 1,5 hingga 2,5 gelas air setiap hari jika Anda berolahraga. Anda mungkin perlu menambahkan lebih banyak lagi jika Anda bekerja lebih dari satu jam.

Anda mungkin membutuhkan lebih banyak air jika Anda tinggal di iklim yang panas.
Jika Anda tinggal di ketinggian lebih dari 8.200 kaki di atas permukaan laut, Anda mungkin juga perlu minum lebih banyak.

Ketika Anda mengalami demam, muntah, atau diare, tubuh Anda kehilangan lebih banyak cairan dari biasanya, jadi minum lebih banyak air. Dokter Anda mungkin menyarankan untuk menambahkan minuman dengan elektrolit untuk menjaga keseimbangan elektrolit Anda lebih stabil. (ra/doktersehat)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*