Manfaat Buah Kersen untuk DiabetesDiabetes adalah penyakit yang ditandai dengan kadar gula darah yang tinggi yang disebabkan oleh gangguan pada sekresi insulin atau gangguan kerja insulin atau keduanya. Tubuh pengidap diabetes tidak dapat memproduksi atau tidak dapat merespon hormon insulin yang dihasilkan oleh organ pankreas, sehingga kadar gula darah meningkat dan dapat menyebabkan komplikasi jangka pendek maupun jangka panjang pada pasien tersebut.

Selain diobati dengan obat-obatan kimia, penurunan kadar gula darah ternyata juga bisa dilakukan dengan meminum buah atau tumbuhan tertentu, di antaranya air rebusan kayu manis atau daun kersen (Muntingia calabura L). Daun kersen mengandung zat yang mampu untuk menurunkan kadar gula dalam tubuh penderita diabetes. Khasiat ini sudah dilakukan sejak lama dan peneliti menemukan senyawa kima golongan flavonoid dan saponin yang bekerja sebagai anti oksidan dan dapat menyekresi hormon insulin yang dibutuhkan dalam metabolisme gula.

Buah dan daun kersen memiliki zat anti diabetes yang dapat membantu untuk mensekresi gula dalam metabolisme tubuh pada penderita diabetes. Caranya yaitu dengan menggunakan 50 hingga 100 gr daun kersen yang telah dicuci bersih. Rebus daun tersebut dengan 1 L air hingga mendidih dan tersisa setengahnya. Minum air rebusan 2 kali sehari. Atau menggunakan ekstrak daun kering sebanyak 2-5 gr dan diseduh dengan 200 ml air.

Manfaat lain dari buah kersen adalah:

• Membantu membunuh mikroba berbahaya dengan cara mengkonsumsi buah secara langsung atau meminum rebusan buah.
• Mencegah peradangan dan menurunkan demam karena buah ini memiliki kandungan senyawa yang berfungsi sebagai anti inflamasi.
• Dapat membantu dalam menghambat pertumbuhan sel kanker yang ada dalam tubuh karena memiliki senyawa anti tumor.
• Mengobati asam urat dan menormalkan kembali asam urat tubuh dengan cara mengkonsumsi buah secara rutin setiap hari.
• Membantu menurunkan tekanan darah tinggi dengan mengonsumsinya secara rutin karena buah ini mengandung kalium yang dapat menstabilkan tekanan darah.
• Menurunkan resiko terkena stroke

• Menjaga kesehatan mata karena mengandung vitamin A dan betakaroten.
• Mencegah timbulnya penuaan dini karena kandungan vitamin C yang dapat berguna untuk kesehatan kulit.
• Membantu menurunkan berat badan karena mengandung karbohidrat yang dapat untuk menahan lapar lebih lama dengan mengkonsumsi buah ini secara rutin.
• Menghilangkan dan mencegah jerawat dengan mengoleskan buah yang telah dihaluskan ke kulit.

(sumber: manfaatbuahalami.com)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL