muslim-couple1Rasulullah saw bersabda:

“Diantara hak suami atas istrinya adalah menyambut kedatangannya di pintu rumah ketika pulang dan mengantarkannya ke pintu rumah ketika pergi.”

Imam Ja’far bin Muhammad as-Shadiq berkata, “Alangkah berbahagianya wanita yang menghormati suaminya, tidak menyakitinya dan patuh serta taat kepadanya dalam setiap keadaan.”

Rasulullah saw bersabda,

“Dan istri memberikan kepada suaminya baskom (untuk cuci tangan) dan sapu tangan, membersihkannya, dan dirinya tidak menolak ajakan suaminya kecuali adanya suatu sebab.”

Wahai para wanita terhormat! Berhati hatilah Anda. Jangan sampai Anda menghina, tidak menghormati, dan memanggil suami Anda dengan panggilan yang tidak pantas. Berhati hatilah Anda. Jangan sampai Anda mengeraskan suara Anda jauh melebihi suaranya, terlebih di hadapan tamu- tamu Anda. Kalau Anda tetap nekat melakukan itu, niscaya ia akan berbuat sama seperti yang Anda lakukan. Dalam keadaan demikian, pasti hati Anda kan digejolak rasa dengki dan dendam kesumat. Bersamaan dengan itu, rasa kasih sayang dalam kehidupan rumah tangga akan sirna, untuk kemudian digantikan dengan berbagai perselisihan dan permusuhan yang terkadang sampai menyebabkan terjadinya penganiayaan.

Ada sebuah kisah tragis yang bisa kita petik hikmahnya. Seorang laki- laki berusia 22 tahun bernama fulan, tega membunuh istrinya yang kala itu berusia 19 tahun kala itu dengan tusukan pisau sebanyak limabelas kali di sekujur tubuh. Dalam pemeriksaan, ia berkata : ”Saya menikahinya setahun lalu. Pada awalnya, daia sangat mencintai saya. Namun setelah beberapa lama, cintanya mulai layu. Ia sering mencaci dan mencemooh diri saya dengan sebutan keledai buta lantaran mata saya juling. Mendengar itu, saya kontan gusar dan kalap. Tanpa pikir panjang lagi, saya langsung menghujami tubuh istri saya dengan tusukan pisau nan tajam sebanyak limabelas kali. Seketika itu pula istri saya langsung tewas mengenaskan.”

Seorang laki laki berusia 71 tahun juga tega membunuh istrinya, dalam proses interogasi, ia berkata: “Perilaku istri saya telah berubah secara mengejutkan. Ia menjadi gemar memanggil saya dengan sebutan ‘orang tua’ serta suka melontarkan pelbagai kata yang tidak senonoh sehingga saya sangat tersinggung karenanya. Dari hari ke hari, saya pun semakin ragu dan kesal. Klimaksnya, saya menghantamkan sebilah kapak ke tubuhnya sebanyak dua kali dengan harapan ia pergi untuk selama lamanya.”

Wahai para wanita terhormat! Kalau Anda menghormati suami Anda, pada dasarnya penghormatan itu akan kembali kepada Anda. Apabila perasaan kasih sayang telah mengakar sedemikian rupa di lubuk hati Anda dan suami Anda, niscaya Allah Swt juga akan melestarikan kenikmatan hubungan nan suci penuh berkah ini bagi Anda sekalian. Allah Swt juga akan menjadikanAnda sebagai orang yangs senang beramal kepada-Nya, sehingga Anda dan keluarga Anda akan memperoleh manfaat material maupun spritual yang melimpah ruah.

Dikutip dari buku Hak Suami dan Istri, karya Prof Ibrahim Amini, hal 33 sd 34. (liputanislam.com/AF)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL