foto; babeaze.com.au

foto; babeaze.com.au

LiputanIslam.com–Sembelit atau sulit buang air besar adalah gangguan kesehatan yang sering dialami anak-anak. Masalah ini erat hubungannya dengan pola makan minum dan aktivitas fisik. Kebanyakan anak sembelit akibat menu makanan sehari-hari yang rendah serat, ditambah konsumsi susu yang terlalu banyak.

Secara garis besar, terapi sembelit mencakup 3F, yaitu Fiber (serat), Fluid (banyak cairan), dan Fitness (kebugaran, bergerak secara aktif).
(1) Konsumsi serat perlu ditingkatkan, karena asupan serat bukan hanya akan memperlancar pola buang air besar, melainkan juga mengurangi risiko kolesterol tinggi dan kanker usus besar.  Makanan yang mengandung serat antara lain, beras merah, oatmeal, roti gandum, sayur, dan buah-buahan. Selain itu, biasakan menu makanan anak dalam satu harinya ‘berwarna-warni’, yaitu ada yang kuning, merah, oranye, hijau, serta putih. Hindari makanan siap saji, karena umumnya makanan tersebut tinggi garam dan tinggi lemak (tetapi rendah serat!).
(2) Biasakan anak agar sering minum air  serta makan buah-buahan. Namun, kurangi susu, karena di atas usia 1 tahun, susu bukan lagi makanan utama. Batas maksimum susu susu yang boleh diminumnya adalah 500 cc sehari, dan berikan susu cair (pasteurisasi atau UHT) tanpa rasa.
(3) Jangan biarkan anak diam berjam-jam di depan komputer, gadget, atau televisi. Ajak anak bergerak aktif, bermain, jalan-jalan keliling kompleks. Semua ini agar tubuhnya bugar, sehingga pencernaannya lancar.
Selain itu, untuk anak balita, dudukkan dia di toilet pada jam yang sama setiap harinya. Butuh kesabaran (apalagi, bila tinjanya keras) dan ada kemungkinan anak trauma pup.
(sumber: parenting.co.id)
DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL