Jakarta, LiputanIslam.com—Tahun 2018 telah berakhir, dan kita sudah membuka halaman hidup baru di tahun 2019. Mumpung waktu liburan masih tersisa, tidak ada salahnya kita mulai membuat resolusi atau target yang ditetapkan selama tahun baru ini.

Memang apa sih pentingnya membuat resolusi sehingga harus dibuat setiap awal tahun? Berikut di antaranya.

  1. Membantu memfokuskan target
    Jangan harap target dan impian akan tercapai kalau hanya di angan-angan. Agar lebih fokus mencapai target-target pribadi, membuat resolusi tahunan bisa dilakukan mulai saat ini. Misalnya, di tahun mendatang ingin menyelesaikan skripsi, menulis buku, kerja di tempat yang lebih baik, liburan, atau membuka usaha baru. Ketika kita menuliskan rencana satu tahun ke depan, daftar target itu akan mengarahkan untuk lebih fokus dan termotivasi untuk mencapainya.

 

  1. Pengingat diri
    Layaknya alarm, resolusi tahunan bisa menjadi pengingat diri sendiri untuk kembali fokus meraih apa yang telah direncanakan di awal tahun. Kita tidak akan tahu apa yang bakal membuat sibuk tahun depan sehingga mungkin saja kita jadi mengabaikan target-target.

 

  1. Bahan evaluasi diri
    Jika selama ini menganut paham hidup ini mengalir apa adanya, coba evaluasi kembali bagaimana efektivitasnya dalam pencapaian keinginan. Tanpa daftar target yang jelas, tentu akan kesulitan mengingat mana target yang sudah dan belum tercapai.

Oleh karena itu, resolusi yang rutin dibuat setiap tahun akan membantu untuk mengevaluasi diri. Dengan membuat daftar target yang jelas tentu akan lebih mudah untuk melakukan perbaikan atau usaha yang lebih giat untuk mencapainya.

Jangan khawatir akan tambah stres jika ada target tahun lalu yang belum bisa dicapai. Justru di tahun baru saatnya untuk merealisasikan atau memperbaiki kesalahan yang menyebabkan target itu tidak bisa tercapai. Bukankah ada pepatah yang bilang bahwa hari ini harus lebih baik daripada hari kemarin? (ra/tempo)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*