celengan_ayam-01Bagi anak-anak, Lebaran identik dengan angpao atau uang Lebaran. Kakek/nenek, paman/bibi, tetangga, atau kerabat biasa memberi sejumlah uang kepada anak-anak, membuat mereka bergembira ria.

Ayah Bunda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk mendidik anak memanfaatkan uang secara bijaksana. Jangan biarkan mereka jajan semaunya atau membeli barang-barang yang tidak berguna, meskipun menggunakan uang angpau milik mereka sendiri.

Berikut ini beberapa cara mengajarkan nilai dan manfaat uang pada anak, dikutip dari situs id.theasianparent.com:

1. Jelaskan tentang cara Anda mendapatkan uang

Sebelum anak dapat memahami nilai uang, ia perlu mengetahui bagaimana cara seseorang mendapatkan uang. Ceritakanlah pada anak tentang pekerjaan Anda atau pekerjaan ayahnya.

Dengan menjelaskan hal ini, anak juga akan memiliki gambaran tentang apa pekerjaan orang-orang yang telah memberinya angpao Lebaran. Ia pun akan mengerti bahwa cara mendapatkan uang tidaklah mudah.

2. Tanyakan apa yang ia inginkan

Sebelum Lebaran, mungkin anak Anda menginginkan sesuatu yang tidak bisa Anda penuhi. Ajarkan untuk menabung agar bisa memenuhi sendiri keinginannya, dan salah satu sumber tabungan adalah uang angpao. Namun setelah uang terkumpul, tetap ajak diskusi mengenai baik-buruknya keinginannya itu. Misalnya, ia ingin mainan baru, padahal ia telah memiliki mainan serupa yang berbeda model. Nah, ajarkan hidup hemat kepada anak sekaligus mengajarkan mengambil keputusan (jangan paksakan kehendak Anda).

3. Menabung angpao Lebaran

Mengajarkan anak untuk menabung sejak usia dini tidak akan sia-sia karena ini akan membentuk perilaku bijaksana anak dalam hal keuangan saat ia dewasa. Anak yang telah mengetahui bahwa uang tidak mudah didapat akan mengerti mengapa ia harus menyimpan sisa angpao Lebarannya baik-baik.

Ajak anak untuk mencatat jumlah angpao Lebaran yang didapatkan, berapa yang telah dibelanjakan dan sisanya. Jika ia belum punya rekening bank, Anda bisa membelikan celengan yang bentuknya lucu atau berbentuk tokoh kartun favoritnya agar ia makin termotivasi untuk menabung uang sisa angpao Lebaran.

4. Mendermakan uang

Angpao Lebaran adalah contoh yang tepat jika Anda ingin mengajarkan tentang kedermawanan pada anak. Banyak orang telah memberinya angpao Lebaran dengan uang yang telah didapat secara susah payah. Jadi mengapa ia tidak melakukan hal yang sama pada mereka yang membutuhkan? (dw)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL