foto: galleryhip.com

foto: galleryhip.com

Menurut UNICEF, 2,5 juta orang belum mendapatkan toilet bersih atau layak pakai sementara sepertiga masyarakat di dunia menderita infeksi cacing karena penggunaan toilet kotor dan 1800 anak meninggal setiap harinya dikarenakan diare. Menurut Direktorat Permukiman dan Perumahan BAPPENAS menunjukkan bahwa di tahun 2012 akses untuk sanitasi yang lebih baik baru menjangkau 58,8% penduduk Indonesia. Artinya lebih dari 40% penduduk masih belum dapat menikmati fasilitas sanitasi yang memadai, termasuk fasilitas toilet di sekolah

Kuman bisa berkembang dengan sangat cepat jika keadaan toilet kotor dan tidak dibersihkan seperti seharusnya. Karena setiap 20 menit, kuman itu dengan mudah berkembang. Beberapa penyakit yang disebabkan dari toilet yang kotor adalah diare, hepatitis A, cacingan, dan tifus.

Karena itu, ayah bunda perlu melakukan tindakan pencegahan dengan mengontrol kondisi toilet di sekolah anak (mendorong pihak sekolah agar menjamin kebersihan toilet) serta mendidik anak untuk hidup menggunakan toilet dengan benar. Caranya:

1. Latih anak untuk cuci tangan sebelum dan sesudah masuk toilet, dan cuci tangan sebelum makan.

2. Ajari anak untuk tidak membuang benda-benda di toilet agar aliran tidak tersumbat
3.Ajari anak untuk menyiram toilet sebelum dan sesudah digunakan

4. Berikan pemahaman tentang pentingnya kebersihan untuk menjaga kesehatan
5. Berikan nutrisi makanan yang cukup agar kekebalan tubuhnya meningkat dan tidak gampang terinfeksi kuman. (sumber: parenting.co.id)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL