lessons-on-forgivenessJakarta, LiputanIslam.com– Memaafkan seseorang memang tak mudah. Tapi, ketika seseorang berusaha memaafkan kesalahan orang lain dan dia berhasil melakukannya, selain dapat menjaga hubungan agar tetap baik, memaafkan juga dapat melindungi kesehatan mental seseorang.

Seperti penelitian dalam Journal of Health Psychology yang menyebutkan bahwa memaafkan diri sendiri atau orang lain dapat memengaruhi kesehatan mental. Misalnya, seseorang jadi tidak mudah stres.

Penelitian ini melibatkan 148 anak muda untuk melihat efek jangka panjang dari stres pada kesehatan mental. Selain itu, diamati pula bagaimana kondisi kesehatan mental orang yang sering memaafkan dibandingkan orang yang tidak memaafkan. Dengan menggunakan kuesioner, peneliti menilai tingkat stres partisipan sepanjang hidup, kecenderungan dalam memaafkan, dan keadaan mental serta fisik partisipan.

Hasilnya, orang yang berisiko mengalami stres sepanjang hidupnya memiliki kesehatan mental dan fisik yang buruk. Sementara, orang yang sering memohon maaf pada diri sendiri dan orang lain memiliki karakter tersendiri.

“Namun, hampir tidak ada hubungan antara stres dan sakit mental. Jika Anda tidak mudah memaafkan maka Anda akan merasakan efek dari stres secara keseluruhan. Anda tidak dapat melindungi mental dari stres,” tutur Loren Toussaint, rekan peneliti sekaligus profesor psikologi di Luther Collega, Lowa, Amerika Serikat.

Peneliti beranggapan bahwa orang yang mudah memaafkan lebih baik dalam menghadapi stres atau merespons stres yang dialami. Meskipun, ada cara lain yang dapat menghilangkan stres misalnya terapi.

“Dalam sesi terapi, mengatakan kalimat pendek dari sebuah permohonaan atau meditasi dalam memohon maaf dapat menolong seseorang dari stres,” sambung Toussaint.

Sedangkan, dilansir Telegraph, mengucapkan permintaan maaf dengan membisikkan kata maaf melalui telinga kanan memungkinkan kalimat permintaan maaf tersebut masuk ke otak dalam kapasitas yang lebih lebih besar. Efeknya, kata maaf lebih mudah diterima. (ra/detik)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL