rendamkakiLiputanIslam.com —Banyak sekali manfaat merendam kaki dengan air hangat, namun masih banyak orang yang belum mencobanya. 

Manfaat yang dihasilkan dari merendam kaki di air hangat adalah, peredaran darah akan menjadi lancar, kulit mati di bagian telapak kaki akan hilang dan membuat kulit di bagian kaki lebih terlihat fresh.

Telapak kaki memiliki 60 titik akupuntur yang berhubungan dengan kandung empedu, kandung kemih, lambung, limpa, hati dan ginjal. Dan pengobatan melalui telapak kaki ini digunakan oleh pengobatan tradisional Tiongkok.

Seperti dikutip dari gadis.co.id, berikut ini adalah cara merendam kaki:

  1. Siapkan air hangat dalam bak kecil, beri garam secukupnya.
  2. Tambahkan bunga seperti lavender atau kelopak mawar untuk memberi aroma wangi pada kaki.
  3. Rendam kaki ke dalam bak.
  4. Diamkan selama 10 menit, agar kotoran yang menempel pada kaki hilang bersama dengan air garam.
  5. Angkat kaki, dan gosok tumit dengan sikat khusus kaki.
  6. Bilas dengan air hangat, lalu keringkan dengan handuk kecil.
  7. Setelah kaki kering, beri lotion khusus kaki secara merata dengan cara memijatnya dengan lembut untuk membantu melancarkan peredaran darah.

Merendam kaki saat malam hari dapat memperkuat ginjal dan memberikan efek tidur nyenyak, baik dilakukan sekitar pukul sembilan. Sedangkan merendam kaki di pagi hari dapat menaikan energi atau stamina untuk memulai aktivitas, karena saat tidur kita cenderung tidak berubah posisi dan membuat peredaran darah tidak lancar. Dengan merendam kaki selama 20-30 menit dipagi hari, maka dapat membantu sistem saraf dan sistem endokrin.

Terapi rendam kaki dengan air hangat relatif baik untuk kebanyakan orang, tetapi bagi penderita penyakit jantung parah, dan tekanan darah rendah justru dapat menyebabkan seorang penderita pingsan saat kakinya direndam. Atau penderita diabetes tidak dianjurkan untuk melakukan terapi rendam kaki, karena dapat membuat kulit mudah melepuh akibat air hangat. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL