baking soda untuk kesehatanSelama ini kita hanya mengenal baking soda sebagai bahan untuk membuat adonan kue. Namun Baking soda (sodium atau natrium bikarbonat) juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Bahkan sebenarnya bikarbonat sendiri diproduksi oleh organ pankreas kita dan berungsinya sebagai penyangga pH tubuh agar selalu netral cenderung basa. Baking soda yang dipakai untuk kesehatan adalah yang murni, tidak tercampur anti-penggumpalan dan alumunium. Cara mengetes apakah baking soda alami atau tidak bisa dengan membiarkan baking soda di wadah terbuka selama beberapa hari. Bila terlihat ada yang menggumpal, berarti baking soda tersebut murni tanpa bahan anti penggumpalan.

Berikut ini di antara manfaat baking soda untuk kesehatan.

1. Obat kumur alami
Baking soda bisa mendinginkan mulut dan sebagai obat kumur alami. Campurkan 1 sendok teh baking soda ke dalam 100 ml air, aduk hingga rata dan digunakan berkumur. Hal ini juga dapat menghilangkan bau mulut.

2. Menghilangkan bau badan
Caranya sangat mudah, hanya dengan menggunakannya sebagai bedak pada ketiak, dan efeknya akan menetralisir bau badan .

3. Sebagai antasida untuk mengurangi asam lambung
Baking soda juga sangat baik untuk menurunkan gejala asam lambung. Campurkan 1 /4 sendok teh baking soda dengan air dan minum.

4. Meredakan gatal akibat gigitan serangga
Untuk mengurangi rasa gatal akibat gigitan serangga, campurkan 1 sendok teh baking soda dengan sedikit air. Gosokkan pada daerah gatal gatal, lalu diamkan selama beberapa menit sebelum mandi.

5. Mengatasi Sunburn
Baking soda juga bisa mengatasi rasa sakit yang disebabkan oleh sengatan sinar matahari, karena memiliki efek yang mendinginkan. Caranya, basahi handuk dengan campuran air dingin dan baking soda, kemudian kompres pada kulit yang iritasi atau gatal-gatal.

6. Memutihkan Gigi
Cara alami untuk memutihkan gigi adalah, hancurkan satu buah stroberi matang dan capur dengan 1/2 sendok teh baking soda. Oleskan campuran tersebut pada gigi, dan biarkan selama lima menit, kemudian sikat gigi dan berkumur. Metode ini harus dilakukan tidak lebih dari sekali dalam seminggu, karena penggunaan yang berlebihan bisa berpotensi merusak enamel gigi.

7.Mengangkat sel kulit mati
Salah satu kegunaan baking soda untuk perawatan kecantikan adalah untuk mengelupaskan atau mengangkat sel-sel kulit mati. Lakukan eksfoliasi seperti yang biasa Anda lakukan, setidaknya sekali dalam seminggu untuk mendorong regenerasi kulit baru. Anda dapat mengambil satu sendok makan baking soda, bisa dicampur susu biasa dan air, kemudian gosokkan ke kulit.

8. Merendam kaki yang lelah
Kaki Anda yang merasa lelah bisa diatasi dengan menggunakan bak air hangat yang dicampur dengan baking soda. Hal ini tdak hanya akan membuat kaki Anda terasa bersih, baking soda juga akan menghilangkan bau. Setelah merendam kaki Anda selama sekitar setengah jam, tiriskan dan oleskan body lotion.

9. Merawat kuku
Anda juga dapat menggunakan baking soda untuk membersihkan kuku dan kutikula. Caranya, tuangkan sedikit baking soda ke dalam kuku dan gunakan sikat kuku untuk membersihkannya.
Masker jerawat alami

10. Membersihkan jerawat
Campurkan baking soda dengan air hangat, kemudian aduk untuk membentuk adonan kental. Oleskan masker ini pada wajah atau kulit yang berjerawat yang sebelumnya sudah dibersihkan, biarkan selama 5-10 menit, lalu bilas hingga bersih. (carakhasiatmanfaat.com)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL